Tips Agar Tidak Lemas Saat Bangun Pagi



Seiring bertambahnya usia, kebiasaan untuk bangun pagi pun semakin berkurang. Kenapa ya? Kalau menurut saya, hal itu disebabkan karena semakin bertambahnya tugas dan beban hidup. Saya jadi ingat saat masih di sekolah dasar (SD). Saya termasuk rajin bangun pagi, dan gak pernah telat ke sekolah.

Namun, ketika saya menginjak masa SMP dan SMA, kebiasaan bangun pagi pun jadi semakin berkurang. Alasannya karena tugas yang diberikan mulai lebih banyak dan lebih kompleks atau rumit. Otomatis tidur pun gak cukup karena begadang. Begitu pula dengan kuliah dan bekerja, semakin banyak yang harus dikerjakan dan tidur pun semakin kurang . Lalu, solusinya apa? Makanya ayo kita bahasa tipsnya bersama-sama:  

1. Tidak Begadang
Dari masalah utama kita lemas bangun pagi adalah kurang tidur karena begadang. Jadi sudah jelas solusi paling utama ialah jangan begadang. Karena sebenarnya, gak setiap hari kita ada banyak tugas dan pekerjaan, tapi ada saja godaan untuk begadang, seperti nonton film, main sosmed, main game dll. Hal yang kurang bermanfaat lebih baik dikurangi, dan gunakan waktunya untuk tidur lebih cepat. Supaya badan kita bisa dapat istirahat yang cukup yaitu 6 - 8 jam.

2. Pasang Alarm dengan Musik yang Lembut
Pasanglah alarm dengan musik yang lembut dan enak didengar. Hal ini akan membuat teman-teman gak pusing dan gak kesal saat bangun. Karena jika sebaliknya, dengan memasang musik yang keras untuk alarm, justru teman-teman akan merasa pusing dan kesal saat bangun. Hal itu akan membuat bangun pagi teman-teman menjadi gak baik.

3. Peregangan
Ketika sudah bangun, ada baiknya jangan langsung berdiri. Lakukanlah beberapa peregangan di tempat tidur, mau dengan posisi masih tidur di kasur atau duduk di kasur, itu terserah teman-teman. Lakukan peregangan selama 1-2 menit aja. Kalau saya biasanya untuk peregangan cuman ngulet bergerak seperti ulat kepanasan di kasur.

4. Minum Air Putih
Ada baiknya setelah peregangan kita minum air putih, cukup 1 gelas aja. Karena dengan meminum air putih, dapat membantu organ-organ tubuh kita untuk mulai bekerja dan sekaligus meningkatkan energi. Jadi sebaiknya setelah bangun pagi, minumlah selalu 1 gelas air putih.

5. Mencari Udara Segar
Kalau memungkinkan, ada bagusnya sebelum memulai hari kita duduk-duduk sambil menikmati udara segar. Saat sambil mencari udara segar, anda bisa melakukan sedikit senam atau olah raga. Supaya badan anda menjadi lebih segar.

6. Bergerak
Kalau sudah bangun, sebisa mungkin ya harus bergerak! Mau itu cuman duduk di kursi atau berdiri mondar-mandir, yang penting jangan kembali bermalas-malasan di kasur. Karena itu akan membuat tubuh kita ngantuk kembali.

7. Pikirkan Hal Positif Tentang Apa yang Akan Terjadi
Salah satu hal yang membuat kita malas bangun pagi adalah memikirkan beban dan hal-hal negatif yang akan kita hadapi nantinya. Nah, sekarang coba ubahlah pemikiran tersebut menjadi pemikiran yang positif, agar teman-teman menjadi lebih semangat untuk bangun pagi.

3 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences