Tips Menghadapi Kritik atau Komentar Negatif

Kali ini saya mau bahas tentang cara menghadapi kritik atau komentar negatif di platform sosial media ataupun dunia nyata. Sebelumnya, teman-teman semua pasti pernah menerima komentar yang cukup pedas saat kalian membuat sebuah karya atau mengutarakan pendapat. Ya itu hal yang pasti terjadi dan sudah biasa. Hanya saja kebanyakan orang masih belum terbiasa atau kurang tahu cara mengahadapi komentar negatif seperti itu.

Biasanya komentar negatif yang sering kita terima itu dapat menyakiti perasaan (baca: menusuk hati). Karena kebanyakan komentar negatif tersebut bersifat kurang membangun dan lebih cenderung menjatuhkan atau bahkan berisi unsur yang menyerang SARA. Jadi bagaimana cara menghadapi kritik / komentar negatif seperti itu? Berikut tipsnya :


1. Tetap Tenang dan Lihat / Dengarkan
Menghadapi kritik atau komentar negatif harus dengan tenang dan kepala dingin. Karena jika kita menghadapinya dengan sensitif atau emosi, pesan yang mungkin disampaikan dari komentar yang disampaikan gak akan sampai sepenuhnya. 

2. Perhatikan Pesan dari Kriktik / Komentar
Perhatikan jika kritik atau komentar tersebut memberikan pesan atau koreksi yang membangun apakah kita menjadi lebih baik atau tidak.

3. Minta Maaf dan Berterima Kasih
Setelah menerima kritik atau komentar tersebut, minta maaf lah kalau sebelumnya kita memang ada kesalahan yang disengaja ataupun tidak, dan berterima kasihlah karena telah meluangkan waktunya untuk berkomentar kepada kita.

4. Menerima Bahwa Kita Semua Gak Ada yang Sempurna
Gak perlu dimasukan ke hati. Karena kritik pedas atau komentar negatif akan selalu ada. Jadi mengakui dan menerima diri kita memang gak sempurna adalah cara terbaik untuk lapang dada setelah menerima komentar tersebut.

5. Ketahuilah Bahwa Kita Gak Bisa Menyenangkan Semua Orang
Kita gak mungkin bisa menyenangkan semua orang, dan pasti akan ada aja orang yang gak suka dengan sesuatu yang kita lakukan. Sehingga kritik dan komentar akan selalu ada. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu mengingat poin nomor 4. 

6. Memperbaiki Diri Sesuai dengan Kritik / Komentar yang Membangun
Jika dari kritik atau komentar negatif tersebut ada koreksi atau pesan yang membangun, gunakan itu untuk menjadi lebih baik kedepannya.

7. Abaikan Jika Kritik / Komentar Tidak Membangun
Jika kritik atau komentar negatif tersebut gak ada pesan yang membangun, melainkan hanya menjatuhkan atau bahkan menyerang dengan unsur SARA. Abaikan saja, karena balik ke poin 4, bahwa gak ada manusia yang sempurna. 

2 Komentar

  1. jangan ditanggapin yang gitu2an.......
    mereka tuch cuma iri dengan kesuksesmu
    ayo terus menulis dan yang semangat ngeblognya Oke???

    BalasHapus
  2. menarik sekali min infonya ini ..
    solder uap

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences