Tips Agar Lebih Percaya Diri (Pede)




Apakah teman-teman orang yang sering gugup atau grogian? Dulu saya juga seperti itu. Dulu waktu SMP saya ingat saat pelajaran Bhs. Indonesia, saya disuruh bercerita ke depan kelas tanpa teks, dan saya gemetaran. Bicaranya pun jadi gagap dan saya dapat nilai yang kurang memuaskan dan ditambah malu di depan teman-teman.

Tapi dari situ saya mulai belajar cara supaya pede. Nah, saya juga ingat pas pelajaran Bhs. Inggris, saya disuruh maju juga buat bercerita tanpa teks dengan Bhs. Inggris (bisa dibayangkan bercerita pakai Bhs. Inggris tanpa teks?). Tapi saya gak takut, karena sudah mencoba tips-tips ini, saya maju kedepan kelas dan mulai bercerita. Akhirnya bagaimana? Ya saya berhasil dan mendapat nilai yang memuaskan. 

Penasaran bagaiman caranya supaya bisa percaya diri? Berikut tipsnya :

1. Persiapkan Diri Sebelumnya
Sebelum kalian tampil, kalian harus mempersiapkan diri baik-baik dengan apa yang ingin dibawakan nanti. Kalau bisa, dipersiapkan dengan baik, tapi jangan terlalu berpatok harus sempurna atau perfect.  Selain itu, belajar berimprovisasi juga baik dan persiapan diri.

2. Santai / Tenang
Kalian harus tenang dan relax. Caranya? Bayangkan aja saat kalian lagi latihan, karena saya yakin saat kalian latihan, pasti pede-pede aja. Contoh, saat kalian akan tampil di panggung untuk bernyanyi, bayangkan aja saat kalian lagi bernyanyi di kamar.

3. Cuek
Jangan terlalu menghiraukan reaksi orang lain, yang perlu kalian hiraukan adalah kalian tampil dengan semaksimal mungkin. Maka dari itu, jangan fokus pada penontonnya, tapi fokus pada diri sendiri, sehingga penonton pun secara gak langsung juga ikut terfokus pada diri kalian.

4. Jangan Terlalu Banyak Berekspektasi
Terlalu banyak memikirkan apa yang akan terjadi nanti hanya akan menghabiskan tenaga. Buat apa membayangkan sesuatu yang belum terjadi? Karena gak ada yang tau, tapi yang penting kalian sudah mempersiapkan diri untuk tampil maksimal.

5. Jangan Takut Gagal
Selain banyak berekspektasi, salah satu penyebab kita kurang percaya diri adalah berekspektasi gagal dan takut terhadapnya. Padahal gagal itu merupakan proses belajar untuk terus berkembang.

6. Perbanyak Kegiatan yang Berhubungan dengan Publik
Untuk bisa percaya diri memang gak instan dan perlu proses. Jadi, ada baiknya kalau kalian sering ikut berpartisipasi dalam acara publik, agar terbiasa dengan kondisi dimana terdapat orang-orang banyak.

7. Berdoa
Selalu ingat untuk berdoa juga, agar semua bisa berjalan dengan baik dan lancar.


2 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences