Helldivers 2: Game Terbaik dengan "Bad Review" Terbanyak

Di awal tahun 2024 ini dunia game disambut dengan sebuah game 3rd person shooter yang membludak disaat perilisannya. Game itu adalaah Helldivers 2 yang merupakan game bertema peperangan antar planet yang melawan musuh-musuh serangga, robot, bahkan alien. Kalau menurut saya sih vibesnya itu seperti Starship Trooper dan Star Wars. Saking hype-nya, jumlah pemainnya melebihi kapasitas server di awal peluncuran. 

Kok bisa ya? Padahal seri pertama Helldivers saja belum begitu banyak yang tau. Namun yang seri ke-2 udah membludak saja. Hal tersebut bisa terjadi karena memang gamenya benar-benar bagus. Bagusnya bukan hanya dari sekedar visual, tapi dari seisi konten dalam game tersebut memang memenuhi aspek-aspek yang disukai kalangan gamer. Apalagi saat ini, menemukan game yang aslinya benar-benar bagus tanpa gimmick dari trailernya sangatlah jarang. Karena kebanyakan game saat ini membuat trailer yang gak sesuai dengan ekspektasi gameplaynya. Tapi berbeda dengan Helldivers 2 yang menggunakan gameplay-nya langsung sebagai trailernya.

Jadinya sebagai seorang yang gemar bermain game sejak hampir 15 tahun lalu, saya bisa bilang kalau game Helldivers 2 ini merupakan game yang sangat bagus dan worth it untuk dimainkan. Bahkan menurut saya, game ini bisa masuk ke daftar game shooter terbaik sepanjang masa. Seharusnya.

Namun di awal Mei 2024, Helldivers 2 yang dicalonkan menjadi game terbaik oleh para gamer, mengalami penurunan review yang cukup besar, dimana di Steam yang awal reviewnya "Mostly Positive" menjadi "Overwhelming Negative" dalam beberapa hari. Hal ini disebabkan oleh kebijakan dari publishernya yang kurang memihak para player yang sudah membeli game ini. Sehingga game yang sudah dikembangkan selama 8 tahun dan mendapatkan popularitas dalam beberapa bulan perilisannya, seketika jatuh akibat sebuah keputusan tersebut.

Meskipun demikian, saya akui kalau game Helldivers 2 ini adalah salah satu bentuk game shooter strategy yang mendekati sempurna saat ini, diluar kebijakan publisher tersebut,


 
1. Gameplay yang Benar-benar Challenging
 
Biasanya di game shooter kita sebagai player masih sedikit dimanjakan dengan yang namanya auto reload, auto respawn, health regeneration dan tidak ada friendly fire, tapi tidak untuk Helldivers 2. Di game ini ketika peluru atau ammo habis, kita harus me-reloadnya secara manual, jika tidak maka senjata kita gak akan bisa dipakai. Reload senjata pun juga gak bisa sembarangan, karena ketika ammo senjata kita masih ada saat direload, maka ammo tersebut akan ikut terbuang juga. mendapatkan stok ammo pun juga gak mudah, karena kita perlu memanggil resupply dari base yang juga memiliki cooldown. Jadi perhitungan ammo senjata sangat diperlukan untuk melawan army musuh yang banyak.
Nyawa player juga gak ada regenerasi, kita dibatasi dengan obat yang namanya Stim untuk bertahan hidup. Jika Stim tadi habis, maka kita harus memanggil resupply atau mencari supply Stim yang tergeletak di area map. Friendly fire atau salah menembak rekan tim bisa juga bisa terjadi dan mengurangi kuota respawn player. Sehingga kerja sama tim saat co-op akan sangat terasa. Dari hal-hal kecil seperti inilah yang membuat gameplay Helldivers 2 ini jadi sangat menantang


2. Musuh-musuh yang Beranekaragam
 
Di Helldivers 2 ada 3 fraksi musuh, yang pertama adalah Terminids yaitu musuh serangga. Kedua ada Automaton yang merupakan pasukan robot dan yang ketiga adalah Iluminate yang merupakan musuh alien. Setiap fraksi juga memiliki berbagai jenis level musuh, mulai dari yang ukuran kecil dan mudah hingga yang sangat besar dan sulit dikalahkan. Yang jelas skill dan persenjataan sangat berpengaruh untuk mengalahkan para musuh di Helldivers 2 ini. Semakin tinggi level kesulitannya yang dipilih, semakin tinggi juga level musuh yang muncul. Dengan variasi musuh-musuh ini, pengalaman bermain Helldivers 2 ini akan sangat menegangkan dan gak cepat bikin bosan.  


3. Map yang Variatif 
 
Di game ini kita bertugas untuk memerdekakan atau me-liberate planet-planet yang ada di galaksi. Sehingga map yang akan kita mainkan akan berbeda-beda. Area yang digenerate akan selalu berbeda, ditambah dengan efek berbeda di setiap planetnya, seperti badai pasir, hujan badai, hujan meteor, gunung meletus, gempa bumi, tornado api dan lain-lain. Pastinya akan menambah keseruan bermain saat bermain game ini.
 

4. Pilihan Senjata yang Banyak
 
Senjata yang terdapat di game ini bisa dibilang cukup banyak. Mulai dari rifle, shotgun, laser, listrik, api, explosive dan masih banyak lagi. Selain pilihan senjata tersebut, di game ini kita juga diberikan opsi untuk menggunakan yang namanya Stratagem. Stratagem ini adalah bantuan senjata dari pesawat armada kita, dimana ada banyak juga opsi pilihannya. Mulai bantuan berupa pesawat bom yang disebut air strike atau eagle strike, lalu ada senjata support, turret, robot armor dan masih banyak lagi untuk kedepannya. Dengan pilihan senjata sebanyak ini, gaya bermain jadi semakin terasa sangat imersif.
 
 
5. Berbagai Kostumisasi Karakter
 
Karakter yang kita gunakan bisa kita kostumisasi dengan berbagai pilihan armor yang bisa didapatkan dengan memainkan gamenya. Mulai dari helm, armor hingga cape atau sayap mantel yang bisa dikombinasikan. Ada pula 3 jenis kategori armor yang bisa digunakan yaitu, light, medium dan heavy armor. Uniknya lagi adalah, setiap armor memiliki stat pasif yang bisa disesuaikan dengan gaya bermain setiap player. Jadi skin disini selain sebagai kosmetik untuk memanjakan visual karakter juga sebagai penunjang gaya bermain para player.


6. Durasi Fast Pace namun Padat
 
Bagi kalangan gamer dewasa, bermain game kadang terasa berat atau overwhelming. Apalagi bagi yang sudah sibuk dengan kerjaan. Ingin mencari hiburan di game, justru merasa guilty karena takut kehilangan waktu berjam-jam saat bermain game. 
Tapi bermain Helldivers 2 justru gak akan membuat terasa seperti itu. Saya bisa bilang sendiri, karena saya sebagai kalangan gamer dewasa yang sudah bekerja masih bisa merasakan kepuasan bermain game ini. Apa alasannya? Karena Helldivers 2 ini adalah game yang fast pace, jadi gak perlu waktu berjam-jam untuk memainkannya. Tidak banyak cutscene, saat login kita bisa langsung bermain. Satu misi di game ini bisa diselesaikan dalam waktu 40 menitan, dan selama 40 menit itu gameplaynya sudah terasa sangat heboh dan padat, terutama di difficulty level 6 ke atas. Jadi saya pribadi dalam sehari, memainkan game ini cukup 1-2 jam saja sudah cukup puas. 


7. Player Versus Environment (PvE)

Game ini menggunakan konsep PVE dimana seluruh player memiliki 1 misi utama yaitu menaklukan planet-planet di galaksi Super Earth. Misi utama inilah yang membuat setiap player Helldivers 2 di seluruh kalangan dunia merasakan kebersamaan dalam 1 komunitas. Karena setiap progress permainan dari setiap player disini akan berpengaruh dalam progress mendemokrasikan planet-planet tersebut. Sehingga setiap keberhasilan dan legagalan misi dari setiap player, akan terasa progressnya beserta dengan reward-rewardnya akan kita nikmati bersama-sama saat kita berhasil menaklukkan suatu misi atau objektif. 


8. Tidak Pay To Win
 
Saat ini kebanyakan game-game marak menerapkan Pay To Win. Mau itu bayar Battlepass bulanan, Gacha untuk mendapatkan senjata atau armor spesial, subscription semacamnya. Di Helldivers 2 mengejutkannya gak ada hal-hal tersebut. Micro transaction-nya di game ini pun memang benar-benar mikro. Jadi fitur yang "berbayar" disini hanyalah Warbound yang diupdate setiap bulannya, dimana di warbound ini berisi berbagai senjata, armor dan lainnya yang bisa didapatkan. Untuk membuka Warbound tersebut juga kita gak wajib mengeluarkan uang sungguhan, karena untuk membukanya cukup menggunakan currency Supercredit yang bahkan bisa didapatkan di setiap misi-misi. Kalaupun ingin membeli Supercredit, harganya hanya sekitar $10 aja, dan Warbound tersebut gak akan menghilang atau berubah seperti layaknya monthly battlepass. Jadi bisa dibilang game ini sangat friendly untuk pemain F2P (Free To Play).
 
 
9. Harga yang Worth It
 
Dengan harga $40 atau seharga 500 ribuan diawal perilisannya, konten game yang ada di Helldivers 2 menurut saya sangat worth it dibanding game AAA yang harganya mendekati jutaan tapi kualitasnya belum tentu sesuai dengan harganya. Kedepannya juga pasti harga Helldivers 2 akan menurun apalagi kalaui ada diskon, yang pastinya  membuat game ini semakin layak  dimiliki.


Dari alasan-alasan tersebut, menurut saya Helldivers 2 sebenarnya layak menjadi salah satu game terbaik di 2024, bahkan menjadi game yang bisa bertahan dalam waktu yang lama. Namun gak ada sesuatu yang benar-benar sempurna, sehingga saya berharap yang terbaik saja untuk kedepannya bagi Helldivers 2. Demikian posting kali ini, salam demokrasi untuk para Helldivers di luar sana.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences