Tips Sederhana Mengatasi Insomnia



Insomnia adalah penyakit yang membuat orang menjadi susah tidur. Penyakit ini bisa sangat merugikan, karena orang tersebut bisa terlambat atau kekurangan tenaga untuk beraktifitas di pagi hari. Saya juga merupakan salah satu yang pernah mengalami insomnia.

Salah satu penyebab utama insomnia sendiri adalah keseringan begadang. Efek begadang membuat tubuh kita terbiasa terjaga dan aktif di malam hari. Sehingga untuk tidur cepat di malah hari akan terasa sulit. Dulu saya bisa dibilang memiliki insomnia yang lumayan parah, karena saya bisa gak tidur sama sekali sampai pagi dan harus beraktifitas kembali. Untungnya saya ada solusi untuk menyembuhkan insomnia tanpa obat, bagaimana caranya?


1. Mengatur Ulang (Reset) Pola Tidur
Sering begadang membuat tubuh kita terbiasa untuk mengantuk pada jam-jam yang gak wajar seperti diatas jam 3 pagi. Sebenarnya kalau kita insomnia, lebih baik jangan dipaksakan tidur. Tidurlah ketika tubuh benar-benar mengantuk, hanya saja bangunnya harus tetap pagi (jam 6-7 pagi). Tapi kalau teman-teman gak bisa bangun pagi, lebih baik gak tidur sama sekali sampai pagi. Oya, jangan lupa mandi pagi sebelum beraktifitas.

Awalnya mungkin tubuh gak merasa mengantuk. Tapi saat menuju siang hari baru akan mulai terasa ngantuk beratnya. Saat itulah teman-teman bisa tidur siang selama 30 meniat atau 1 jam aja. Setelah itu tubuh harus bangun dan beraktifitas lagi sampai malam hari. Pada malam harinya tubuh akan mulai terasa mengantuk, nah itu lah waktu yang tepat untuk tidur. Saya sarankan untuk tidur pada jam 10-11 malamnya.

Setelah itu, insomnia akan berkurang dan tubuh kita akan mulai mengantuk di malam hari jam 10 atau jam terakhir tertidur pada malam kemarinnya.


2. Jangan Terlalu Sering Menatap Layar Komputer/Laptop/HP di Malam Hari
Menatap layar HP dan laptop merupakan salah satu penyebab kita insomnia. Karena bermain gadget membuat kita begadang dan melewati jam tidur normal tubuh kita. Maka dari itu kurangilah bermain gadget di malam hari atau sebelum tidur. Dianjurkan jangan bermain gadget 1 jam sebelum tidur. 


3. Gunakan Blue Light Filter dan Pelindung Radiasi
Bagaimana kalau pekerjaan membuat kita harus sering menatap layar HP atau monitor? Solusinya adalah dengan mengaktifkan fitur blue light filter , night mode atau dark mode pada layar monitor HP atau komputer. Efeknya akan membuat layar monitor menjadi agak kuning oranye. Hal ini akan membuat mata kita tidak terlalu tegang karena pancaran cahaya biru. Selain itu gunakan juga kaca mata anti radiasi untuk membantu menjaga kesehatan mata.


4. Makan Malam Jangan Terlalu Malam
Usahakan makan malam jangan terlalu malam atau sebelum jam 9 malam. Karena kalau perut terlalu kekenyangan akan susah tidur dan bisa membuat cepat buncit pula.


5. Jangan Minum Kopi / Energy Drink
Udah pasti, kalau mau tidur cepat ya jangan minum kopi atau energy drink ya guys! Karena efek kafein yang ada akan membuat jantungnya berdebar-debar.


6. Jangan Begadang
Ini dia yang paling penting, jangan begadang. Tidurlah ketika tubuhmu sudah lelah. Nanti kalau tubuhmu ngambek, bisa insomnia lagi deh. Jadi kalau ada hal-hal gak penting atau urgent dilakukan malamnya, sebaiknya tidur aja.

1 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences