10 Cara Menulis Artikel/Posting yang Baik dan Menarik


Saat ini saya lebih sering membaca berita di HP dibanding nonton berita di TV, karena akses yang lebih mudah juga, orang-orang jadi lebih update berita lewat HPnya. Dari membaca artikel-artikel selama ini, saya jadi mengetahui artikel yang menarik untuk dibaca itu ialah artikel yang dapat membangun rasa penasaran dari si pembacanya, khususnya clickbait. Tapi secara keseliuruhan, seperti bagaimana sih artikel/posting yang menarik itu? Yuk kita simak:


1. Membuat Judul yang Menarik 
Judul atau headline merupakan bagian teratas dari artikel. Inilah yang paling pertama menarik di mata para pembaca. Maka dari itu, judul artikel harus dibuat semenarik mungkin. Selain menarik, judulnya jangan terlalu panjang. Intinya simpel tapi menarik. Jangan lupa juga, judul harus berhubungan dengan isinya, jangan cuman clickbait aja. Kalau hanya clickbait aja yang ada nanti diamuk pembaca dan pembaca akan kapok ke blog kita lagi.


2. Telusuri Topik yang Ingin Ditulis Agar Sesuai dengan Fakta yang Ada
Semenjak kuliah dan buat skripsi, menulis artikel jadi terbiasa dilandasi dengan fakta yang ada. Fungsinya supaya artikel itu gak jadi hoax atau palsu. Apalagi sekarang internet dapat diakses dengan mudah. Menulusuri topik yang akan dibahas, dapat dengan mudah dilihat dari berbagai macam sumber dan sudut pandang. 


3. Ketahui Dampak yang Dapat Ditimbulkan dari Topik yang Ditulis
Ketika menulis sebuah artikel, kita sebagai penulis juga harus mengetahui dampak yang akan dirasakan pembaca atau penulis sendiri. Apalagi jika membahas sebuah hal yang sensitif atau yang mengandung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Dampaknya bisa aja menjadi gak baik jika ada salah informasi. Sebaiknya saat menulis artikel, dipikirkan dahulu dampaknya untuk pembaca dan penulis. 


4. Menulislah Dengan Tata Bahasa yang Baik dan Rapi
Menulislah dengan bahasa yang baik, sederhana dan mudah dipahami, supaya pembaca betah dan dapat memahami isi artikelnya dengan baik. Kalau menulis artikel dengan bahasa yang kurang baik dan berantakan, nanti pembaca akan jadi malas berada di blog kita.


5. Gunakan Gaya Bahasa Sendiri
Kalau menulis artikel di blog sangat penting untuk menggunakan bahasa sendiri. Anggap seperti kita ngobrol dengan seseorang. Karena dengan gaya bahasa sendiri, selain memiliki ciri khas, pembaca jadi bisa mengenali penulis secara gak langsung.


6. Singkat, Padat dan Jelas
Jujur aja, saya sebagai blogger yang identik dengan menulis, juga kurang suka membaca artikel/posting yang super panjang, bahasanya gak jelas dan pembahasanya mutar-mutar. Karena dengan informasi singkat, padat dan jelas, selain informasi lebih cepat ditangkap, pembaca juga gak malas membaca di blog kita. Tapi jangan terlalu pendek juga ya artikelnya, bisa diselipkan sedikit basa-basi biar gak bosan.


7. Tulisan Dibagi Menjadi Beberapa Paragraf
Ini ada hubungannya dengan cara nomor 6. Menulis artikel jangan sampai gak ada paragraf atau jaraknya. Hal ini akan membuat tulisan terlihat panjang dan membuat pembaca jadi malas membaca. Untuk itu, beberapa inti pesan dapat dibagi ke beberapa paragraf. 


8. Kalau Bisa Disertakan Gambar
Selain menarik perhatian, menyertakan gambar dapat membantu pembaca memiliki bayangan/gambaran dari artikel yang dibahas. Hanya saja, jangan terlalu banyak memasang gambar, nanti loading website/blognya kelamaan. Kalau bisa gambar sudah dioptimasi ukurannya (size) untuk diupload ke web.


9. Hindari Typo
Minimalisir kesalahan penulisan atau typo. Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kredibilitas penulis di mata pembaca.


10. Baca Ulang Kembali Sebelum Dipublikasikan
Yang terakhir, sebelum artikel/posting dipublikasikan, penting untuk dicek kembali dengan cara dibaca ulang. Apakah sudah enak dibaca? Bahasanya sudah baik? Sudah singkat, padat dan jelas? Ada typo?

3 Komentar

  1. www,pokers128,net adalah salah satu Agen Poker yang menawarkan jasa untuk penukaran chips secara online. Segera bergabung bersama www,pokers128,net dan rasakan sensasi pelayanan yang istimewah sehingga sebagai member setia www,pokers128,net anda akan merasakan nyaman dengan Customer Servis kami yang siap melayani semua keluhan anda. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus
  2. makasih udah sharing membantu banget

    AXIS

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences