Cara Mencari Mood Untuk Menulis



Mengupdate konten pada blog sangat bergantung pada mood si penulis. Jika si penulis susah mendapatkan mood, kemungkinan blog tidak akan rutin terupdate. Fenomena hilangnya mood menulis memang sering terjadi, buktinya banyak blog-blog yang sudah bertahun-tahun gak pernah diupdate lagi atau bisa dibilang terbengkalai. Maka dari itu sangat penting untuk penulis mendapatkan moodnya untuk menulis supaya blog tetap hidup. Saya sendiri sebagai blogger sudah cukup sering mengalami yang namanya gak mood menulis. Menurut saya hal tersebut disebabkan oleh 3 hal utama yaitu:

1. Terlalu sibuk dengan kerjaan atau kegiatan lain
2. Kondisi penulis yang lagi kurang fit
3. Tidak ada ide untuk ditulis

Itu merupakan penyebab hilangnya mood menulis. Dari penyebab tersebut, saya menemukan beberapa cara untuk memotivasi penulis (termasuk diri saya sendiri) supaya rajin menulis konten agar blog tetap terupdate. Berikut adalah cara mencari mood untuk menulis:

1. Jangan Dipaksakan
Mood memang tidak bisa dipaksakan, karena dia datang sesuai dengan keadaan dan kondisi pada penulis. Jika dipaksakan, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas artikel yang ditulis oleh penulis.

2. Menulislah Saat Gak Ada Beban Pikiran
Jika sedang dilanda kesibukan, sebaiknya ditunda dulu menulisnya. Tentu saja karena pikiran penulis akan terpecah antara fokus dengan menulis dan beban pikiran yang lain. Karena itu, menulislah saat semua tugas dan kesibukan sudah tuntas dan kelar.

3. Ada Waktu Luang
Saat waktu luang atau nganggur, kemungkinan besar mood untuk menulis akan muncul lebih mudah. Jadi kalau lagi nganggur, jangan kebanyakan tidur aja, tapi dimanfaatkan untuk mencari ide untuk menulis dan mulai menulis artikel.

4. Kumpulkan Ide-Ide Dulu
Sebelum memulai menulis artikel, ada baiknya untuk mengumpulkan ide-ide yang akan ditulis. Sehingga saat ada waktu luang, gak akan kebingungan lagi mau menulis apa. (Baca juga cara mencari ide dan inspirasi menulis disini

5. Beristirahat Sebelum Menulis
Saat menulis, harus dipastikan kalau kondisi penulis sudah fit. Untuk itu, kalau mau nulis jangan saat lagi lelah atau mengantuk. Istirahat dan makan aja dulu, setelah itu baru menulis.

6. Kalau Sudah Ada Mood, Jangan Berhenti Menulis
Nah kalau sudah ada moodnya, langsung catat dan tulis semua ide-ide yang muncul di kepala dan mulai mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah artikel. Jangan berhenti menulis sampai benar-benar lelah. Karena mood gak sering-sering banget munculnya.

3 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences