Tips Supaya Blog Jadi Terkenal dan Populer



Blogging adalah salah satu kegiatan menceritakan pengalaman pribadi, berbagi informasi, bahkan bisnis. Biasanya yang menjadi kendala bagi para blogger pemula adalah sepinya blog dari pengunjung. Ini sering membuat blogger newbie menjadi bosan menulis dan gak ngelanjutin blognya. Kalau  dilihat dari peristiwa ini, pengunjung blog merupakan motivasi bagi blogger untuk menulis di blognya kedepan.

Oleh karena itu, untuk posting kali ini gue mau membahas cara membuat blog terkenal dan populer. Sebenarnya mudah kalau memang minat dan serius dalam ngeblog, berikut tipsnya:


1. Tetapkan Alamat Web (URL) yang konsisten 
Dalam membuat blog, alamat web haruslah konsisten. Jadi gak sering ganti-ganti. Sekali aja mengganti URL blog, berarti sama saja seperti mengulang dari 0. Blog yang sudah mulai akrab dengan search engine, akan hilang begitu saja. Begitupun koneksi yang telah dibangun selama ini. Karena itu URL sangat penting. Dalam menentukan URL, sebaiknya pilih nama yang mudah diingat.

2. Pilih Topik yang Tepat 
Bekerja di bidang yang dicintai membuat pekerjaan lebih mudah. Saat membuat blog, hal ini pun harus menjadi bahan pertimbangan. Jangan memaksakan diri di bidang yang gak disukai. Bekerja di bidang yang kita sukai pasti membuat kita lebih semangat. Seperti contohnya jika suka dengan fotografi, maka buatlah posting blog dengan hasil fotografi dsb.

3. Buatlah Posting yang Berkualitas
Dijamin, gak ada yang bakal menolak barang yang berkualitas dan gratis. Begitupun dengan blog kita. Jaga kualitas posting blog, dengan begitu, pengunjung akan betah dan akan kembali ke blog kita. Tapi, konten berkualitas bukan harus informasi baku, yang penting menarik! 

4. Promosikan Blog 
Undang pengunjung sebanyak mungkin untuk datang ke blog kita. Misalnya, dengan  aktif berkomentar di blog orang lain yang udah ramai pengunjungnya. Bisa pula dengan memanfaatkan social media yang sesuai dengan target pembaca, contohnya Facebook, Twitter, Instagram dll. Yang penting jangan pernah berhenti mempromosikan. Memang mungkin menghabiskan banyak waktu. Tapi hasilnya pasti sepadan dengan usaha kita. 

5. Tingkatkan Keterampilan Blogging
Setelah memiliki blog, jangan lupa untuk meningkatkan keterampilan kita dalam mengelola blog. Banyak hal yang bisa dipelajari seperti SEO, HTML, dll. Mungkin gak akan pernah ada habisnya. Tapi yang penting setelah dipelajari, langsung dipraktekan. Supaya ilmunya jadi melekat dan bermanfaat. Dengan semakin menguasai hal teknis, blog kita pasti akan tampil lebih baik dari hari ke hari.

6. Luangkan Waktu dan Fokus pada Blog
Supaya blog menjadi terkenal, kita harus berkorban lebih dulu. Jika kita telah memilih membuat blog, kelolalah dengan baik. Jangan sia-siakan. Fokuskan perhatian kita pada blog!

7. Evaluasi Blog
Jangan bosan untuk meningkatkan kualitas blog. Untuk itu, lihatlah blog-blog ‘tetangga’ dan bandingkan dengan blog kita. Serap hal-hal yang baik untuk diterapkan pada blog kita. Dengan selalu melakukan ini, maka blog kita akan semakin berkembang dan menjadi lebih baik.


4 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences