Lakukan Tips Ini Supaya Tidak Jadi Pelupa


Apakah di umur yang masih muda teman-teman sudah sering lupa? Seperti sering meninggalkan barang-barang penting saat berpergian? Tenang aja, karena saya juga pernah mengalami hal itu. Sebenarnya orang pelupa itu disebabkan oleh kurangnya kemampuan kerja otak. Jadi dengan memaksimalkan kinerja otak, kasus lupa dapat diminimalisir. Bagaimana cara memaksimalkan kinerja otak? Caranya sangat sederhana, yaitu sebagai berikut:


1. Tidur yang Cukup (Tidak Begadang)
Begadang ternyata dapat mengurangi kemampuan kinerja otak, khususnya daya mengingat. Jadi kalau teman-teman semakin sering begadang, justru akan semakin mudah jadi pelupa, karena daya ingat akan semakin berkurang. Maka dari itu, kurangilah begadang dan tidur yang cukup.

2. Jangan Lupa Sarapan
Banyak orang yang sering lupa sarapan karena terlalu terburu-buru untuk memulai kegiatan di pagi hari. Padahal sarapan itu penting untuk memulai hari dan membantu kinerja otak menjadi lebih baik. Karena pagi hari tubuh sangat membutuhkan nutrisi, khususnya otak.

3. Tenang dan Pelan-pelan (Slow Down)
Lupa bisa terjadi gara-gara kita terlalu teburu-buru dalam melakukan atau mempersiapkan sesuatu. Sehingga otak kita gak bisa memproses suatu hal dengan baik. Jadi, tenang dan pelan-pelan aja guys!

4. Minum Vitamin
Vitamin dapat membantu meningkatkan kinerja otak dan daya ingat. Vitamin yang baik untuk otak adalah vitamin A, B1, B6, B12, C dan E

5. Buat Daftar Catatan (Cross Check List)
Untuk memudah mengingat, teman-teman bisa membuat catatan kecil untuk membantu mengecek hal-hal yang perlu diingat agar tidak kelupaan. Karena kalau lupa, kita bisa cek di catatan tersebut lagi.

6. Sering-seringlah Latihan Menghafal
Belajar menghafal di sekolah ternyata bermanfaat untuk melatih otak kita supaya bekerja dengan maksimal. Dengan sering latihan menghafal, kemampuan mengingat gak akan menurun. Jadi menghafal hal-hal kecil bisa dijadikan latihan otak. 

7. Permainan / Game Asah Otak
Melatih otak gak harus membosankan, bermain game yang mengasah otak juga mampu meningkatkan kemampuan kinerja otak.

8. Jangan Terlalu Banyak Pikiran (Stress)
Penyebab berkurangnya kinerja otak disebabkan oleh otak yang overheat. Sama seperti komputer yang kemampuannya akan menurun ketika mesinnya kepanasan (overheat). Hal itu disebabkan terlalu banyak hal yang dikerjakan sekaligus. Jadi sama dengan otak, terlalu banyak hal yang dipikirkan justru bukan melatih otak, tapi akan membuat stress.  

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences