9 Tips Supaya Wajah Tidak Jerawatan


Penampilan wajah merupakan salah satu sumber rasa percaya diri, tapi kalau jerawatan bagaimana? Jerawat merupakan hal yang menggangu penampilan wajah kita. Sering kali jerawat membuat kita jadi kurang percaya diri di tempat umum. Namun ada beberapa tips sederhana setelah saya cari tahu untuk meminimalisr jerawat di wajah. Berikut adalah tipsnya:

1. Jaga Kebersihan Wajah
Hal yang paling sederhana adalah menjaga kebersihan wajah. Jangan sering memegang wajah dengan tangan yang kotor. Biasanya membersihkan wajah juga dilakukan saat mandi dengan menggunakan sabun muka (facial wash) atau juga bisa dengan menggunakan pembersih wajah (cleanser) setelah keluar berpergian.

2. Skin Care
Perawatan kulit dengan produk kecantikan (skin care) memang penting, karena membantu menjaga kesehatan kulit. Namun skin care hanya membantu menjaga kesehatan kulit secara eksternal aja dan memerlukan biaya yang lumayan banyak. Jadi faktor lainnya juga harus diperhatikan untuk mencegah jerawat. 

3. Ganti Sprei
Ketika tidur dengan sprei yang kotor, khususnya sprei bantal. Saat tidur, wajah kita akan terkena sprei dalam waktu yang lama, jika kotor, wajah kita akan rentan tumbuh jerawat. Jadi selain menjaga kebersihan muka, menjaga kebersihan sprei juga sebenarnya penting.

4. Jangan Lap Wajah dengan Handuk Mandi
Sehabis mandi secara otomatis kita mengeringkan wajah kita dengan mengusap handuk mandi. Tapi tahukah kalau handuk mandi sebenarnya mengandung bakteri-bakteri dari bagian tubuh lain yang sudah dilap. Sehingga mengusap wajah dengan handuk mandi justru akan menumbuhkan jerawat di wajah. Jadi lebih baik keringkan wajah dengan tisu atau handuk wajah terpisah.

5. Tidur Cukup
Ternyata begadang dapat membuat wajah jadi jerawatan lho guys, kenapa? Karena kurang tidur akan membuat kita cepat stress, dan stress dapat memicu tumbuhnya jerawat. Selain itu, begadang juga menghambat regenerasi sel, terutama sel kulit kita. Sehingga pemulihan wajah dari jerawat akan terhambat.

6. Tidak Stress
Stress merupakan salah satu pemicu utama jerawat. Penyebabnya bisa karena berbagai hal, salah satunya seperti begadang. Maka dari itu, sebaiknya kurangi over thinking untuk mengurangi stress.

7. Berjemur di Sinar Matahari (Vitamin D)
Vitamin D merupakan vitamin yang berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit. Berjemur di matahari juga dapat membantu melawan kuman-kuman di tubuh kita. Jadi dengan rutin berjemur, secara gak langsung dapat mencegah dan mengurangi jerawat.

8. Minum Air Putih
Minum air putih yang cukup akan membantu kita mnejaga kesehatan kulit. Menurut penelitian, minum air putih yang cukup akan membantu tubuh menjaga kadar gula darah dan insulin, guna untuk mengontrol produksi minyak di wajah. Nah selain menjaga kesehatan kulit, air putih juga dapat mengontrol minyak di wajah. Secara tidak langsung dapat mencegah dan mengurangi jerawat di wajah kita.

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan (Usus)
Selain menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, menjaga kesehatan pencernaan (usus) juga berpengaruh terhadap jerawat lho, karena usus kotor merupakan salah satu penyebab utama dari jerawat. Jika usus kita kotor, penyerapan nutrisi gak akan optimal. Kotornya usus juga menandakan adanya bakteri-bakteri jahat di tubuh kita. Sehingga hormon di tubuh jadi gak seimbang yang menyababkan wajah kita rentan tumbuh jerawat, Maka dari itu, jaga kesehatan usus kalian teman-teman!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences