11 Cara Mencegah Asam Lambung Naik (GERD)

Asam lambung naik atau Gastric Acid Reflux Desease (GERD) merupakan gangguan lambung yang banyak dialami orang-orang. Hal ini bisa terpicu akibat gaya hidup kurang sehat dan pola makan yang gak teratur. Apalagi jaman sekarang banyak orang-orang yang suka telat makan dan sering begadang. Kalau udah terkena GERD, makan jadi susah dan gak enak pokoknya, karena makanan jadi keluar terus walaupun dipaksa makan.

Sebelumnya saya juga sering terkena maag dan asam lambung. Hal itu terjadi karena dulu saya gak suka sarapan dan sering begadang. Akhirnya saya kapok deh nyiksa-nyiksa lambung sendiri. Jadi bagaimana cara mencegah terkena asam lambung atau GERD? Berikut adalah tips-tipsnya:

1. Jangan Menahan Lapar (Telat Makan)
Kalau perut udah mulai keroncongan, jangan ditahan lama-lama ya teman-teman. Karena saat perut kelaparan terlalu lama, jumlah asam lambung akan meningkat. Sehingga rentan melukai dinding lambung. 

2. Makan Jangan Sampai Terlalu Kekenyangan
Makan juga jangan terlalu berlebihan ya. Kalau berlebihan, lambung akan memproduksi asam lambung yang banyak juga. Sehingga asam lambung rentan naik ke kerongkongan, yang bisa menyababkan kita jadi batuk, mual atau bahkan muntah.

3. Jangan Langsung Rebahan / Tidur Setelah Makan
Hindari langsung rebahan atau tidur setelah habis makan. Sebaiknya duduk dulu selama 30 menitan atau 1 jam. Hal ini supaya mencegah asam lambung mengalir keluar dari lambung saat mencerna makanan.

4. Kurangi Konsumsi Kafein
Bagi teman-teman yang rentan terkena asam lambung, sebaiknya kurangi mengkonsumsi minuman berkafein tinggi ya, seperti kopi, soda dan minuman berenergi (energy drink). Kafein dapat mempercepat produksi asam lambung dan mengakibatkan relaksasi cincin otot kerongkongan di bagian bawah, yang menyebabkan asam lambung mudah naik ke kerongkongan. 

5. Kurangi Makanan yang Asam / Pedas
Hampir sama seperti di atas teman-teman. Makan makanan asam atau pedas terlalu banyak akan membuat produksi dan naiknya asam lambung menjadi cepat. Jadi, dikurangi juga ya makan makanan asam / pedasnya. Terutama yang senang makan buah durian dan rujak dibatasi ya.

6. Hindari Alkohol dan Rokok
Selain tidak sehat, alkohol dan rokok juga dapat memicu asam lambung lho. Alkohol dapat memicu produksi asam lambung yang banyak, sedangkan rokok selain memicu asam lambung, juga memperlambat refleks otot tenggorokan. Sehingga asam lambung dengan mudah naik dari lambung.

7. Kurangi Makan Coklat / Keju
Buat teman-teman yang gemar makan coklat atau keju, kalau memiliki gangguan asam lambung sebaiknya dikurangi ya. Coklat dan keju merupakan makanan yang susah dicerna. Hal tersebut memperlambat pengosongan perut sehingga asam lambung banyak diproduksi di lambung. Sedangkan saat sedang asam lambung, hindari makan roti isi coklat atau keju, karena akan justru semakin susah dicerna dan bisa muntah.

8. Jangan Begadang
Begadang dapat memicu atau memperparah asam lambung juga teman-teman. Saat kita bangun, lambung akan terus memproduksi asam lambung, sedangkan jadwal makan malam yang terpaut terlalu jauh dengan jam tidur akan membuat perut kita kembung dengan asam lambung. Hal ini akan membuat kesehatan lambung kita jadi gak baik dan rentan terkena Maag atau GERD.

9. Jangan Sering-sering Stress
Tingkat stress yang tinggi dapat meningkatkan produksi asam lambung. Walaupun gak sesignifikan dengan faktor-faktor di atas, alangkah baiknya kita harus bisa menenangkan diri dan menghindari stress demi kesehatan tubuh.

10. Minum Air Putih
Air putih merupakan minuman yang ampuh untuk mencegah asam lambung. Karena air putih memiliki pH netral yang bisa membantu meredakan asam lambung. Namun jangan terlalu kebanyakan minum air putihnya juga ya.

11. Makan Permen Karet
Ternyata makan permen karet juga dapat mencegah asam lambung. Dengan makan permen karet, mulut kita akan memproduksi lebih banyak air liur yang dapat mendorong dan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Itulah cara-cara mencegah asam lambung. Namun apabila teman-teman sudah mengalami asam lambung (GERD) yang cukup serius, sebaiknya teman-teman minum obat dari apotek atau konsultasi ke dokter untuk diberikan obat pereda asam lambung.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences