Tips Mengatasi Perasaan Kosong / Hampa


Perasaan kosong atau hampa dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Biasanya perasaan kosong / hampa ini dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti kelelahan, jenuh, kegagalan, atau kehilangan sesuatu yang penting dalam hidup kita. Jika teman-teman sedang mengalami perasaan kosong atau hampa, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu mengatasinya:

1. Beres-beres
Beres-beres atau merapikan lingkungan sekitar kita dapat memberikan perasaan yang lebih baik. Cobalah untuk membersihkan atau merapikan kamar atau rumah teman-teman sendiri. Ini dapat membantu mengalihkan pikiran dari perasaan kosong/hampa dan memberikan rasa pemenuhan setelah teman-teman menyelesaikan tugas tersebut.

2. Olah Raga
Olah raga dapat membantu meningkatkan mood kita dan meredakan stress. Cobalah teman-teman untuk berolahraga saat waktu lowong, seperti jogging, yoga atau gym. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan teman-teman sekaligus memberikan perasaan yang lebih baik.

3. Baca Buku
Mengalihkan pikiran dari perasaan kosong/hampa dengan membaca buku akan membantu mengalihkan pikiran teman-teman ke dunia baru dan tujuan baru. Cobalah untuk membaca buku yang disukai atau buku yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teman-teman.

4. Lingkungan Sosial Berkualitas 
Memiliki lingkungan sosial yang positif dapat membantu menghilangkan perasaan kosong/hampa. Karena ketika kita bersama teman-teman kita, perasaan yang tadinya kosong akan bisa terobati. Jadi cobalah untuk menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman atau keluarga yang dipercayai atau bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minat teman-teman.

5. Buat List yang Ingin Dicapai
Membuat daftar tujuan atau hal-hal yang ingin dicapai dapat membantu teman-teman untuk fokus terhadap tujuan baru. Sehingga dengan adanya tujuan-tujuan baru, hidup akan memiliki tantangan baru, dan perasaan hampa/kosong akan hilang. Tapu buatlah daftar dengan waktu yang realistis ya.

6. Self Reward
Memberikan hadiah pada diri sendiri setelah menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan tertentu dapat membuat diri memiliki rasa pencapaian dan memotivasi untuk terus berusaha. Maka dari itu, cobalah memberikan sesekali beli hadiah yang teman-teman idamkan sebagai bayaran dari usaha yang telah dilakukan selama ini.

7. Lihat Pemandangan Alam
Explore dan melihat pemandangan alam dapat memberikan ketenangan dalam jiwa. Apalagi saat melihat pemandangan dengan langit biru yang cerah. Rasanya seperti ingin berucap syukur karena telah diberikan kehidupan di dunia ini. Sehingga perasaan yang tadinya hampa dan kosong, bisa mulai terisi karena rasa syukur terhadap hidup ini.

Mungkin memang gak mudah untuk mengatasi perasaan kosong/hampa, namun cobalah untuk tetap hidup dan berpikir positif dan terus berusaha. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari orang lain atau profesional jika perasaan tersebut terus lanjut berlarut. Semoga tips ini membantu mengatasi perasaan kosong/hampa teman-teman ya.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences