Kehidupan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV)

Apa sih itu Desain Komunikasi Visual atau DKV? Kebanyakan orang belum mengenali nama tersebut, melainkan DKV lebih dikenal dengan nama Desain Grafis. Hal itu sudah terbukti dari fenomena berikut yang udah saya pernah alami:

Percakapan 1
-     Orang    : Udah kuliah belum?
-     Saya       : Udah
-     Orang    : Ngambil jurusan apa?
-     Saya       : DKV
-     Orang    : Hah?! DKP? Yang jadi tukang bersih-bersih itu ya?
-     Saya       : Bukan! DKV = Desain Komunikasi Visual
-     Orang    : Apa itu Desain Komunikasi Visual?
-     Saya       : *nyari jawaban yang singkat buat ngejelasin DKV... Desain Grafis!
-     Orang    : Oh desain grafis
-     Saya       : Iyaa *nangis dalam hati

Percakapan 2
-     Orang    : Kuliah apa?
-     Saya       : DKV
-     Orang    : Oh kuliah Di Kafe ya? Baru tau ada kuliah kayak gituan
-     Saya       : Bukan! DKV = Desain Komunikasi Visual 
selanjutnya sama persis seperti percakapan 1

Percaya gak percaya, percakapan di atas 100% nyata! Haha pada waktu itu nama jurusan DKV belum begitu terbiasa terdengar oleh masyarakat, melainkan lebih dikenal Desain Grafis (Graphic Design). Jadi buat teman-teman yang bingung orang-orang yang bekerja sebagai desain grafis itu kuliahnya apa, ya nama jurusannya adalah DKV. Tapi selain DKV juga ada beberapa jurusan yang berhubungan dengan pekerjaan desain grafis. Hanya saja DKV lebih mendekati dalam profesi tersebut.

Anyway, topik kali ini gak cuman membahas tentang jurusan DKV aja, tapi saya yang pernah menjadi mahasiswa DKV juga akan berbagi cerita tentang seluk beluk kehidupan mahasiswa DKV secara sederhana. Jadi seperti bagaimana kah kehidupan mahasiswa DKV?


Ekspektasi tentang DKV
Kalau mendengar kata DKV atau Desain Grafis, yang terbayang sudah pasti ialah menggambar dan mendesain. Nah kalau dibayangin, enak juga ya kuliah cuman ngegambar aja. Apalagi teknologi sekarang udah modern, gambar desain udah bisa di komputer atau tablet. Selain itu, gak ada yang namanya matematika!

Ilustrasi dari komik DKV4 by Faza Meonk (Si Juki)

Kerjanya anak DKV juga sebenarnya keren-keren! Ada yang jadi ilustrator; kerja di production house; game developer; buat film animasi; jadi komikus; fotografer; videografer; buat usaha desain percetakan dll. Hal tersebut adalah hal-hal umum yang dibayangkan oleh anak SMA yang baru lulus dan sedang mencari kuliah di jurusan DKV (termasuk saya). Namun sayangnya bayangan indah tersebut harus ditempuh melalui jalan yang 180 derajat berbeda dari yang dibayangkan. Karena ekspektasi gak selalu sesuai realita.


Ketemu Orang-Orang yang Jago Gambar
Dulu pas SMA, bisa dibilang saya merasa jago ngegambar. Tapi setelah masuk DKV, saya berubah pikiran. Di DKV, saya bertemu orang yang lebih pada jago ngegambar dengan berbagai karakteristiknya masing-masing. Ada yang jago realis, anime, digital painting dan jago main software animasi 3D. Keberadaan teman-teman seperti itu bisa membuat minder pada awalnya. Tapi kalau dilihat dari sisi positifnya, dikelilingi teman-teman seperti itu merpakan kesempatan besar untuk mencari ilmu.


Melek dengan Perkembangan Teknologi (Khususnya Desain)
Berada di lingkungan mahasiswa seni, khususnya DKV, membuat kita menjadi melek dengan berbagai perkembangan teknologi desain. Jadi secara gak langsung teman-teman akan banyak membahas dan belajar beberapa hal yang berhubungan dengan teknologi, seperti komputer, laptop, tablet dan kamera. Selain itu, rata-rata mahasiswa DKV juga seorang gamer. Jadi udah pasti, pengetahuan umum tentang merakit PC akan dibahas juga.


Tugas Bagaikan Air Mengalir
Kuliah DKV itu cuman gambar dan desain aja? Ya, saya bisa bilang kalau itu 80% benar, lagi 20% nya adalah tugas membuat presentasi dan laporan seperti kuliah pada umumnya. Hanya saja, gak disangka kalau tugasnya bisa banyak banget! Jadi setiap mata kuliah akan selalu ada tugas. Jadi dipastikan kalau teman-teman masih suka menunda-nunda atau bermalas-malasan, begadang dan gak tidur akan menjadi rutinitas.

Ilustrasi dari komik DKV4 by Faza Meonk (Si Juki)

Kalau dikira-kira, seminggu minimal ada 5 tugas yang harus diselesaikan. Pembuatan tugasnya juga gak bisa sembarangan, karena mengikuti arahan oleh dosennya. Jadi setelah masuk kuliah DKV, menggambar dan mendesain bukan cuman untuk senang-senang aja, melainkan menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi.


Belajar Menggambar dan Melukis Manual
Di awal semester hingga semester 3, kita gak langsung belajar desain menggunakan Photoshop, Illustrator, Corel Draw dsb. Melainkan ada mata kuliah seperti nirmana, proyeksi, perspektif, ornamen, tipografi dan ilustrasi. Jadi selama semester awal ini, harus bersiap melemaskan tangan dan menghabiskan cukup banyak kertas dan cat warna.


Begadang, Telat ke Kampus, Gak Mandi Pagi Adalah Hal yang Biasa
Percaya gak percaya, ketiga hal di atas merupakan hal yang udah biasa bagi mahasiswa DKV. Bagaimana tidak, selain tugas-tugas yang diberikan berjibun sedemikian rupa, proses pembuatannya juga memakan waktu. Ditambah lagi jiwa anak kuliahan yang masih suka nongkrong dan sibuk organisasi. Sudah pasti hampir setiap hari akan begadang (gak berlaku bagi mahasiswa yang rajin dan jarang nongkrong). Pengalaman saya sebagai mahasiswa DKV bisa begadang sampai di atas jam 2 pagi hampir setiap hari atau bahkan lebih parah lagi sampai gak tidur.

Sekilas penampilan mahasiswa DKV

Gara-gara begadang dan kurang tidur, otomatis bangun pagi jadi susah dan jadwal kuliah pun berantakan. Bangun tidur 5-10 menit sebelum masuk kuliah, cuci muka, sarapan roti susu, langsung berangkat ngampus, begitulah siklus yang terjadi hampir setiap hari. Jadi sudah lumrah kalau mahasiswa DKV suka telat ngampus dan penampilannya kurang maksimal.


Kuliahnya Santai...
Banyak tugas tapi kuliahnya santai? Kok bisa? Kuliah di DKV itu bisa dibilang santai. Masuk kuliah biasanya cuman buat pemberitahuan tugas baru, asistensi tugas atau mengumpulkan tugas aja. Setiap mata kuliah gak sampai 2 jam, atau bahkan bisa kurang dari 1 jam. Tapi habis kuliah di kampus, langsung pulang dan lanjut kuliah lagi dengan tugas yang ada. Jadi bisa gue bilang kalau kuliah DKV itu santai di kampus, tapi capek di rumah.


Belajar untuk Santai dan Spontan
Saya yang dulu orangnya gak bisa kalau tanpa persiapan, setelah masuk ke DKV, saya malah jadi orang yang santai dan selow. Kebanyakan orang-orang seni itu orangnya santai, gak suka ribet dan spontan. Akibatnya saya jadi jarang panikan, karena apapun yang terjadi hajar aja! dan let it flow. Biarkan seni muncul dengan spontanitas.


Biaya Peralatan Kuliah
Selain dikenal dengan tugasnya yang banyak, peralatan yang digunakan dalam perkuliahan DKV juga cukup memakan biaya. Kok bisa? Alasannya karena peralatan yang dibutuhkan cukup banyak, seperti pensil menggambar berbagai ukuran; drawing pen/rapido berbagai ukuran; art pen; penggaris; jangka; buku gambar A4 dan A3; kuas berbagai jenis dan ukuran; tinta cina; cat air dan cat poster berbagai warna; pensil warna dsb.

Ilustrasi dari komik DKV4 by Faza Meonk (Si Juki)

Itu tadi peralatan yang dibutuhkan untuk mata kuliah menggambar manual. Nah untuk yang menggambar digital beda lagi peralatannya, harganya juga lebih mahal, contohnya seperti laptop/komputer spek desain multimedia, kamera DLSR buat mata kuliah fotografi dan pen tablet buat ngegambar di laptop/komputer. Belum ditambah dengan biaya cetak mencetak tugasnya. Untuk itu, kalau udah jadi mahasiswa DKV, harus rajin nabung dan pintar-pintar mengatur pengeluaran.


Akrab dengan Tempat Percetakan
Ketika menjadi mahasiswa DKV, tempat yang sering dikunjungi selain kampus, ialah tempat percetakan. Karena hampir semua tugas mata kuliah mengharuskan tugas yang diprint. Maka dari itu sering-seringlah memberi senyum ke penjaga tempat cetaknya, supaya mereka gak bosan melihat wajah kita hahaha.


Malam Minggu dengan Tugas
Jomblo? Tenang aja, kalau udah masuk jurusan DKV kejombloan teman-teman otomatis akan hilang direngut oleh tugas. Gak percaya? Dengan adanya tugas yang banyak otomatis mahasiswa DKV akan malmingan terus sama tugas selama masa awal-awal kuliah.

Kalau dibayangin, tugas itu bagaikan pacar yang posesif yang mau selalu ditemanin dan gak ngebolehin pergi sama orang lain. Jadi kalau udah masuk jurusan DKV, jangan terlalu banyak berharap buat malmingan sering-sering.


Kumpul Bareng di Basecamp
Ada kalanya saat tugas begitu banyak dihadapi, para mahasiswa DKV berkumpul di suatu basecamp yang udah ditentukan (biasanya rumah yang paling luas dijadikan basecamp). Alih-alih berkumpul membuat tugas, tapi malah berkumpul untuk mengeluh bersama tentang tugas sampai tugasnya selesai... dilupakan.


Tapi, Mahasiswa DKV Bukan Orang yang Lemah!
Walaupun dihadapi oleh berbagai macam rintangan, hal tersebut membuat mahasiswa DKV menjadi orang yang tangguh tapi santai. Mulai dari belajar mengatur waktu dengan tugas yang berjibun, mengantur keuangan yang menipis, ikhlas kurang tidur dan kesepian (khusus yang jomblo), hal-hal tersebutlah yang membuat mahasiswa DKV terbiasa menghadapi kerasnya dunia kelak saat udah lulus kuliah nanti.


Masih bingung tentang DKV? Teman-teman bisa baca seputar pertanyaan DKV di FAQ Desain Komunikasi Visual (DKV).

489 Komentar

  1. Apa yang bikin kakak tertarik untuk ngambil jurusan dkv?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar bisa bikin kyk beginian https://www.youtube.com/watch?v=pszNJBHpFKw

      Hapus
    2. Sory ka. Di video tsb kan pakai CGI atau semacamnya lah...!
      Lalu klo masuk DKV akankah diajarkan membuat animasi tsb... Kk kuliah dimn?
      Ouh ya 1 lg. Dalam 1 semester berp seluruh pengeluaran kaka. Dari biaya smester + tugas2 sajah.

      Hapus
    3. sory nambah 1 lg. Hehehe.
      Katanya pas smester 6 kita harus memilih lagi mau masuk jurusan apa.
      *Design interior
      * " ilustrator
      * " Grafis
      * animasi

      Naahhh kk pilih apa? soalnya tujuan saya sama kaya kk. Hihihi

      Hapus
  2. wkwkwk ternyata gini toh jurusan dkv. akhirnya dapet gambaran buat kuliah nanti. thanks infonya!

    BalasHapus
  3. kak aku mau tanya dong
    pas kakak daftar ke jurusan dkv harus buat gambar sendiri atau engga?
    aku punya minat pengen masuk jurusan dkv.
    tapi kemampuan gambar menggambarku masih belum dikatakan bagus :(
    jadi masih pesimis antara masuk atau engga :(
    mohon sarannya ya kak.
    makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes masuknya nanti pasti ada disuruh gambar, cmn setiap univ beda2 tes gambarnya. Kalo aku waktu itu tes masuknya disuruh gambar ttg suasana pasar di kertas A3
      Yg penting sering2 aja gambar non, kalo emang suka gambar nanti pasti bisa.

      Hapus
  4. Ka mau nanya nih apa aja yang harus dipersiapkan untuk masuk kuliah jurusan dkv, tapi skrg aku masih kelas 2sma sih yaa tp aku mau persiapin dr skrg, mohon bantu ya ka:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg perlu dipersiapin cmn skill menggambar aja sama kesiapan diri untuk byk menggambar aja nanti pas kuliah

      Hapus
  5. Ka mao nanya. Saya gbsa gambar dengan manual . Yaa bisa si walau ngebuat sketsa wajah ngeliat foto aslinya . Tapi saya bisa dblg mahir ngedisgn/ ngegambar digital ,corel,Ai,PH .. itu mnurut kk gmna? Ccok nggak saya di DKV? . Trus kalo DKV itu main Adobe Premier ga? .
    Kalo gbsa manual apa ada kyakinan gak naek semester ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut saya sih cocok, soalnya skill gambar digital memang diperlukan kedepannya. Cmn nanti pas kuliah, semester awal pasti ada gambar manualnya dulu. Ane jg ga bagus2 bgt gambarnya gan, cmn kalo sering dilatih pasti bisa. Kalo untuk masalah naik semester itu, yang penting jadi mahasiswa yg rajin. Jgn sering bolos sama ngumpul tugas tepat waktu aja

      Hapus
  6. Salam DKV gan! hahaha. Keren penjelasannya, emang DKV banget haha. Tambahin lagi Nirmananya itu whawhawhahw

    BalasHapus
  7. agan agan, saya taun ini mau ngambil dkv
    itu keperluan kayak kamera apa memang wajib setiap mahasiswa ?
    dan juga mau tanya berapa pengeluaran sebulannya, biar gak salah milih jurusan agan agan
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus kok gan, kalo di kampus ane ada prodi fotografi, jd gak perlu beli, tinggal minjem aja hahahah.
      Sebenarnya pengeluarannya bisa dikurangi kok, maka dari itu ada yang namanya mahluk bernama "Teman"

      Hapus
  8. Kak kalo prospek kedepanya gmna ya?,saya kurang d dukung sma org tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prospek kedepannya lumayan kok, karena kedepannya perusahaan akan bertambah dan teknologi semakin canggih. Perusahaan jg butuh desain untuk advertising dsb, kecanggihan teknologi jg memperluas prospek dkv seperti web desain, desain game, animasi.

      Cmn apapun kuliahnya dan bagaimana kedepannya semua tergantung sama kita sendiri, dari usaha, ketekunan dan dedikasi

      Hapus
  9. gan,mau nnya . DKV harus punya camrea SLR ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ane sih ga perlu gan, soalnya ada jurusan fotografi di kampus ane, jd tinggal minjem

      Hapus
  10. Kak, aku kelas 3 SMP, cita-cita aku jadi animator. Berarti nanti aku kuliahnya masuk DKV ya? Terus, SMA ngambil IPA atau IPS? Tolong jawab ya kak. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa kalo emg mau fokus jd animator jurusan DKV itu cocok, soalnya dasar belajar desain dan animasi ada di DKV. Kalo masalah sma ngambil ipa/ips itu tergantung setiap universitasnya. Kalo DKV swasta biasanya bisa ipa/ips, kalau DKV di ITB cmn nerima ips untuk sbmptn nya. Jd pinter2 kita nyari info aja

      Hapus
  11. Haha faaak bener banget =)) tetep semangArt!

    BalasHapus
  12. Kak, klo sy pengen jd illustrator cocoknya kuliah jurusan apa ya? Apa mungkin dkv atau yg lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau jd illustrator sih cocoknya di jurusan DKV, soalnya di DKV ada matkul ilustrasi dan menggambar. Dan rata2 temen2 saya di DKV byk yg pengen jd ilustrator

      Hapus
  13. Aku tahun ini pengen masuk DKV ISI YK. Kalo cuma berbekal kemampuan ngemodeling karakter 3D (blender) kira2 gimana tuh kak?...bakaln kejaring gak ya. ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin untuk semester awal belum, soalnya di DKV semester awal msh belajar gambar dan desain manual pake tangan. Kalo belajar pake software di semester atas. Jd penting jg buat belajar yg dasar2 spt ngegambar

      Hapus
  14. Kak kalo mau masuk DKV tuh susah gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo km emh suka seni dan gak ngerasa kalo ngedesain atau ngegambar itu berat, rasanya gampang2 aja

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Mas bro kalo 5thn kedepan dkv gimana y bro?? Mau mask dkv atau teknik mesin??.tolong sarannya ya.gampang yg mana dan prospek kedepannya gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 bagus kok, soalnya 5 th kedepan teknologi makin berkembang dan 2 jurusan itu bakal berkecimpung dgn teknologi. Tinggal disesuaikan aja dengan keahliannya anda, lbh cocok di dkv atau mesin. Kalo saran saya sih, pilih salah satu buat kuliah, yg satunya jadiin hobi

      Hapus
  17. Kak, saya udh daftar di prodi disain grafis PNJ depok nih. Tips nya dong buat nyisihin uang untuk tugas, bagi waktu buat tugas juga gimana.. Hehe makasih kak post nya nambah info bgt��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nyisihin uang sih saran saya harus bisa menahan godaan buat belanja yg ga perlu atau ngurangin acara jalan2. Kalo waktu buat tugas sebenarnya gampang, yg penting jgn males aja

      tp jujur saya jg msh suka males2an untuk nugas, jdinya sering begadang deh hahaha

      Hapus
  18. gan, ane dilema nih agustus nanti ud msk kuliah jurusan ikom tp ane niatannya di dkv, dari awal pgnnya dkv tp kata org2 pengeluaran biayanya mahal harus beli ini itu, gaenak juga ane sama ortu, kira2 sekitar berapa ya pengeluarannya perminggu / perbulan buat tugas2nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak lgsg banyak keluar uangnya kok, di awal aja lumayan byk soalnya hrus beli peralatan menggambar. Karena lgsg beli byk jd kelihatan mahal, tp untuk pemakaiannya bisa sampi 1 - 2 semester. Jd kelihatannya aja mahal, pdhal murah untuk jangka panjang, yg penting kita pinter2 aja hemat pakai peralatannya (khususnya cat poster/air)

      Kalo untuk masalah pen tablet, dslr, komputer desain itu gak mesti punya, bisa kok pinjem sama temen yg uda punya. Oya biasanya kalo untuk komputer desain biasanya disediakan di kampus, kyk di kampus ane

      Hapus
  19. Kak ak agustus ini masuk DKV, nah ak kurang visa(gabisa) buat gambar2 di computer kyk Photoshop dll. Jd kira2 saran kakak gmn? Itu bakal nyulitin pas kuliahnya enggk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga masalah gan,karena pas masuk,di ajarin dari awal lagi ko software2nya .. dari 0 lagi..

      Hapus
  20. Oi gan, gue tahun ini mau masuk dkv, tp kyknya kurang dukung ortu (mngkin blm tau juga prospek kerjanya ntar) kalo menurut agan gmn?
    Oh ya gan, gue bisa gambar, cuman harus ada contohnya (liat google) gitu boleh ga kira" Buat tes gambar, dan tugas kedepannya.. ? Tlg dibantu gan biar yakin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja gan,tapi jangan sama 100% itu namanya plagiasi :v ,harus pke trik ATM (Amati Tiru Modifikasi ) Itu trik ane :D

      Hapus
  21. bang anekan sekolah di smk dan ambil jurusan rpl,kira2 kalo masuk kuliah jurusan DKV bisa ngga? tolong pencerahannya ya bang,cita2 ane pengen banget jadi animator soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas agung saya jawab dluan :D , kalau ente tanyaBISA atau ga,pasti BISA BANGET .. kuliah DKV itu ,bebas dari SMA atau SMK ..
      jadi animatorpun bisa dari DKV,soalnya di dkv kita belajar semuanya ..dari manual drawing,sampe digital , edit foto,bikin iklan,bikin videoklip musik,bkin efek2 film ,sampe animasipun di pelajarin .. :) itu yng saya rasakan selama 2 thun ini kuliah.
      tapi itu nanti gmna kamunya juga,mau fokus kemana .. mau manual drawing,animasi ,atau dll ..

      tp klau mau fokus animasi dari awal,mending cari kuliah jrusan animasi gan .. tapi siap2 ketemu koding lg ..:v

      Hapus
    2. Wah udah di jawab duluan nih hehe, sori nih baru sempet buka blog soalnya

      Hapus
  22. kak aku minat jadi creative advertising atau yang berhubungan dengan tim kreatif dunia pertelevisian.kira" jurusan yang cocok sama aku apa ya?apa dkv juga bisa?matkul dkv apa aja?makasiiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. BISA BANGET gan, memang DKV akhirnya ,salah satu pekerjaanya yaitu Periklanan ..
      matkulnya rame semua, dari manual gambar,ilustrasi, Adobe Family ,3D ,Web Desain .. Dll bnyak..

      Hapus
  23. hahaha ... Betull Bangett yg Agan agung bilang itu ,100% betull :v
    kerennn dan kocak tulisanya gan ,salut ane ... :)

    jalan2 ya klau ada wktu ,ke gubuk dkv ane gan :)
    www.faishalmajid.blogspot.com

    BalasHapus
  24. Ka aku pengen bgt jdi sutradara, kira2 itu kuliahnya di dkv bukan? trus gman cranya supaya bisa di matkul bagian sutradara atau perfilman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu bagusnya kuliah di jurusan televisi/perfilman, disana lebih mendalami. Kalo dkv cuman belajar bagian editing video effect aja

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. kak makasih infonya . insyallah aku juga calon dkv nih . hihi :3

    BalasHapus
  27. Kak, aku pengen masuk DKV karna aku suka nggambar (manual), tapi nggambarnya pake warna gitu. Kalo nggambar yang pake penggaris (perspektif) aku kayaknya gak bisa dan aku gak suka karna gak ada warnanya. Gimana donk? Apa masih bisa ikutan jurusan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ngegambar yang pake penggaris itu lebih di jurusan desain interior, kalo di dkv lebih banyak gambar manual free hand. Cmn di matkul tipografi ada sedikit pake penggaris, cmn kebanyakan free hand

      Hapus
  28. Ka ane baru naik kelas 3 sma, ane suka buat video di youtube tapi paling cuman cut cut doang, kalo efek efek gitu ane belum mahir gan.

    Ane bisa photoshop tapi ya yg ringan ringan aja gan
    Kalo bikin gambar dari nol di photoshop masih ribet banget ane gan.

    Kira kira ane masuk dkv ini pantes gk ya gan? Terus kalo dkv dapet kerja dllnya mudah gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantes kok gan, soalnya dkv itu memang belajar ke desain multimedia, jadi pasti ada belajar desain foto dan video. Ane juga suka ngedit video sama foto gan hehe.

      Kalo misalnya jago di video bisa kerja di stasiun televisi atau periklanan, kalo jago ngedit foto bisa kerja di studio sama ikut ngambil projek prawedding dll

      Hapus
  29. Kalo pekerjaan ngedesign body mobil,bus& truk itu masuk ga kuliahnya jurusan dkv ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jurusan dkv itu hampir merangkup semua desain, jadi bisa aja sih. Cmn kalau mau lebih khusus kuliahnya bisa di jurusan desain produk (despro)

      Hapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  31. kak, kalau mau masuk jurusan dkv isi, pada saat tes penerimaan, apa aja sih yang di tes? ada gak di tes nge gambar di komputer? atau tes lain yang berhubungan dengan komputer? atau cuma di tes gambar manual aja kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tesnya nanti ada tes tulis, wawancara sama ngegambar. Kalo tes gambarnya ntar di kertas A3 kok. Kalo ngegambar di komputer itu nanti dapat di semester 3-4

      Hapus
  32. kak, mau nanya lagi nih hehe, aku kan di sma jurusannya ipa, terus, kalo masuk jurusan dkv di isi bisa ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lewat jalur undangan sih kemungkinan gak bisa, tapi kalo lewat tes mandiri sih bisa

      Hapus
  33. hidup anak kreatif... salam kenal

    BalasHapus
  34. Bagus nih blog.. informatif dan membuka wawasan anak atau orangtua murid tentang dkv. Keep on posting. Semoga manusia2 kreatif indonesia akan lebih banyak bermunculan dalam bbrp tahun kedepan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi yaa, semoga dengan munculnya manusia kreatif, industri kreatif indonesia bisa maju

      Hapus
  35. bro , mau nanya nih.Kira2 buat univ DKV paling bagus di Indonesia dimana ya bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang negeri di ISI (Jogja, Denpasar), ITB, IKJ. Swasta kalo gak salah Binus, Petra Surabaya, Maranatha

      Hapus
  36. True story bgt nihhh! Baru 2 semester jadi anak dekave aja udah susah nabung, uangnya dipake buat beli alat mulu sih😂

    BalasHapus
  37. kalo mau ngambil jurusan ini harus bisa dan punya basic photoshop/3D CAD gitu ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jurusan DKV lebih harus punya basic menggambarnya sih

      Hapus
  38. Gan Ane Kan Mo Jadi Pembuat Game Sama Animasi Gitu.Dkv Cocok Gak Gan? Terus Laptop Spek Tinggi Harus Setinggi apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo buat animasi sih dkv cocok banget gan, nah kalo buat game itu tergantung mau di bagian mananya. Soalnya kalo buat game itu ada bagian programing sama desain. Kalo mau di bagian programing ya kuliah di Ilmu Komputer/Teknologi Informasi, kalau untuk desain di DKV

      Hapus
  39. Tes nya sulit gak gan masuk ISI?
    Klo kuliah bisa sambil kerja gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah sih gak gan, tergantung dari persiapannya aja gimana. Bisa aja sih gan, cmn harus bisa ngatur waktu aja biar kuliah sama kerja tetep jalan, cuman waktu buat istirahat lebih sedikit

      Hapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  41. Gan, ane diterima di dkv universitas negeri malang. Pas tes kemarin, ane liat gambar anak2 lain nya bagus, dan punya ane ga terlalu bagus. Ane jadi minder, kalo nanti sekelas, gambar ane yang paling jelek. Tar nilai ane juga jelek dong? T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo agan uda diterima udah pasti gambar agan bagus. Gambar bisa bagus itu karena rajin latihan, jadi kalau ngerasa msh kurang, sebaiknya perbanyak latihan. Kalo masalah nilai, nanti di kuliah bukan cuman gambar aja yang dinilai kok, keaktifan di kelas juga dinilai. Jadi, kalo mau nilai bagus yg penting rajin aja

      Hapus
  42. saya share anak saya ya... :)

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  44. Mau nanya nih, saya suka banget dengan hal hal berbau multimedia design atau semacamnya. Tapi saya sekolah ngambil jurusan pariwisata. Dirumah kadang saya suka edit2 foto diphotoshop,buat buat logo atau apalah, tapi masih amatiran, bisa dibilang masih baru belajar. Menurut agan saya cocok ga masuk dkv? Saya pengen banget ambil dkv, tapi kadang saya ragu, gegara melihat kemampuan saya yg masih newbie gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada usaha sih cocok2 aja gan, cuman kalo ingin masuk dkv gak cukup kalo cuman bisa photoshop aja, harus ada basic gambarnya jg gan. Jd dipikirkan baik2 aja, disesuaikan dengan keahlian agan, dan kalo uda mantap harus siap berusaha

      Hapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Wah kasusku sama kaya bung tio, saya ga mahir dalam menggambar manual, tapi kalau menggunakan software seperti photoshop bisa dibilang mahir karena sudah jadi hobi dari sma, menurut mas apa saya pantas masuk jurusan ini tanpa modal pandai menggambar manual? Saya bingung mas saya udah diterima di DKV Universitas Brawijaya tapi saya ga bisa gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut saya skill ngegambar manual itu perlu, cmn ga harus ahli banget, yg penting bisa. Lagi pula kedepannya, dunia desain akan lebih mengunakan teknologi modern. Cmn ya walaupun begitu, ilmu dasar ga bole dilupakan jg

      Hapus
  47. Kak , aku mau tanya ... Kakak udah semester berapa di ISI denpasar??

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Kalo mau jd animator brrti masuknya ke dkv? Trus klo mau masuk dkv di ISI itu masuk sma nya mndng jurusan ipa ato ips?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa, kalo mau jd animator memang masuk di jurusan dkv. Di ISI bisa dari jurusan IPA/IPS

      Hapus
  50. Bro, mau nanya.. Gw klo gmbr y gk bagus" amat, trs jg krg wawasan buat desain gmbr digitalnya.. Trs didkv perlu kreatifitas tinggi ? Tkut kreatifitas gw gk nyampe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masuk jurusan seni tentu perlu kreatifitas yg tinggi, cmn kreatifitas itu bisa meningkat kalo dilatih. Jd kalo msh merasa ragu dgn kreatifitasnya, coba belajar hal2 yg berhubungan dgn seni dulu

      Hapus
    2. Contohnya seperti apa bro belajar seni itu..
      Makasih..

      Hapus
  51. Kira" menurut agan gmna ? Minta pendapat.. Msih bimbang

    BalasHapus
  52. TrimatrA. Typography top markotop
    Haha
    Salam anak dkv

    BalasHapus
  53. Gan saya mahasiswa jurusan DKV nih tapi baru masuk masih di ospek. Mau nanya nih, kalo misalnya kita rajin ngerjain tugas bisa ga ya ga harus ampe begadang terus meskipun saya tau sih DKV tugasnya numpuk.. soalnya kan kalo begadang mulu ga enak dan ga sehat juga kan gan hehe.. makanya saya mau tau apa kalp rajin pun pasti bakal ttep begadang? Trims ya gan sebelumnya

    BalasHapus
  54. Oh iya sama kasih solusi dong gan biar gaharus selalu begadang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya yg bikin begadang itu bukan cmn tugas yg byk aja, tp karena belum disiplin waktu dan suka males2an. Jd kalo gamau begadang, buat tugasnya dr siang, biar malem uda selesai, atau tugasnya dicicil jgn SKS

      Hapus
  55. Gan... Ane udah jdi maba DKV nih.. Kira2 butuh aplikasi design apa aja buat DKV?? Trus spek laptop/pc nya harus apa aja? Perlu upgrade VGA gak? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi desain yg biasa anak DKV punya itu Photoshop, Illustrator/Corel Draw, Paint Tool Sai, Sony Vegas Pro/Adobe Premiere. Kalo laptopnya bisa ngejalanin aplikasi di atas, uda cukup kok speknya.

      Cmn biasanya anak DKV itu cenderung suka game, jd biasanya laptop/pc nya pd canggih semua

      Hapus
  56. Makasih bwt infonya gan,, ngebantu banget buat aku yg bingung pilih jurusan kuliah.
    btw tanya, klw kuliah di DKV kan harus ad skill buat nggmbar, tapi kalo belajar photoshop dkk dimulai dari nol mungkin ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat memungkinkan, nanti di DKV bakal banyak ketemu temen2 yg jago desain. Disitu bisa belajar photoshop dkk sama temen2

      Hapus
  57. Keren!! akhirnya dapat gambaran masuk jurusan DKV pas kuliah itu gimna. Kak tolong britahu saya dong, applikasi2 apa aja yg kepake di jurusan DKV ? kasi tau fungsi masing2 applikasi tsb juga. Thank you vry much :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya sih asik, apalagi yang suka ngegambar hahaha. Tp kalo ga bisa disiplin waktu sama suka males2an bisa pusing keteteran sama tugasnya. Aplikasi yg biasanya dipake Photoshop (ngedit/manipulasi foto/digital painting), Illustrator/Corel Draw (bikin vector), Paint Tool Sai (digital painting). Tp msh byk lg aplikasi desain, tergantung kitanya nyari tahu hehe you're welcome :D

      Hapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Gini bro gw mw tanya. gw skill gambar bnr" jelek. parah banget deh. nah soal photoshop, corel, dkk sperti itu jg saya ga trlalu bisa. apa gambar manual gitu ntr diajarkan ? atau hanya software saja yg diajarkan? :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nanti di kampus gak diajarin gambar sih bro, jd nanti dosen lgsg ngasih tugas atau latihan buat gambar. Kalo masalah belajar gambar gtu belajarnya sendiri2

      Hapus
  60. Thanks bro infonya, ini pelajaran lagi buat kuliah pertama gua 😄😄

    BalasHapus
  61. assalamualaikum gan
    hmm ane bingung nih milih dkv atau teknik multimedia jurusannya pas kuliah ( ane masih 3 smp awal :v ) smk mau multimedia ,
    keahlian , bisa ps ( ngebuat line art , wpap , kolase polaroid, dll)
    agak bisa video studio ( buat sub title , lirik karaoke )
    di atas tuh pke lepy ram 1 gb , masalahnya , gambar ane ga bagus bagus amat :'v , cocok ga masuk dkv ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo teknik multimedia itu pelajarannya ya yg kyk dibilang td, lbh fokus ke animasi, 3d, rigging, modeling, video dsb. Kalo dkv itu mencakup semua, jd pelajaran multimedia jg termasuk. Kalo masalah gambar itu bisa dilatih kok, soalnya desain itu dasarnya dari menggambar. Tp nanti untuk penjurusannya bisa memilih multimedia.

      Jd ikutin minat aja sama kata hati enaknya gmn, sama byk2 cari info dulu nanti sebelum milih jurusan kuliah yaa

      Hapus
  62. btw klo kerja di tv bisa pilih jurusan ini kan ?

    BalasHapus
  63. Bro, nanti pas di tes, tesnya berupa soal" pelajaran pas SMA + ngegambar ? Ato apa gan ? Trus pas tes ngegambar boleh liat contoh di google gak ? Soalnya kata bokap nyokap and teman" gua, gambar gua katanya lumayan bagus, tapi harus liat contoh :3 mohon penjelasannya gannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergatung, kalo tes SBMPTN biasanya ada tes pelajaran SMA. Kalo tes lgsg dari Univnya biasanya cmn tes gambar2 aja. Tp tes masuk kampusku ada tes tulisnya, tp cmn pengetahuan umum ttg seni.

      Kalo masalah itu pas tes gak bole lihat contoh, jadi harus latihan sebelumnya dulu di rmh. Kalo bisa cari kisi2 tes masuknya dari temen atau kakak kelasnya di univ yg mau dicari.

      Semangat gan!

      Hapus
  64. Hehehe 😂😂 .. Oh udah semester 3 toh.. Aku lulus ISI Denpasar.. Di dkv.. Aku baru mulai semester 1.. Minggu 1 tugasnya udah ada 2... Hehe salam kenal kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai desak! Hahaha pantesan kok tau blogku, sori baru bales komennya nih

      Hapus
  65. Hai mau nanya kalo ujian saringan masuk test gambar boleh liat google gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pas tes masuk gak boleh, tp nanti kalo buat tugas boleh

      Hapus
  66. Kak, apa bedanya DKV sama DIV komputer multimedia???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo DIV Komputer Multimedia itu lbh khusus belajarnya di bidang komputer multimedia, kyk animasi, web design, 3d modeling, rigging, video editing, desain interaktif, digital imaging dll.

      Kalo DKV itu lbh luas pelajarannya dan mencakup pelajaran multimedia (tp mungkin tidak semua pelajaran multimedia). Jd kalo di DKV itu ada gambar, ilustrasi, tipografi, desain logo/produk, nirmana, fotografi dan ada teori jg kyk teori desain, psikologi desain, periklanan, seni budaya, sejarah gtu

      Hapus
  67. Bro saya maba baru di std bali jurusan dkv, kemampuan gambar cukup baik tapi soal menggunakan aplikasi saya gak mahir apakah cocok untuk ngambil jurusan dkv ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah mahir itu bisa dicapai dengan rajin belajar sama latihan aja bro, semangat yaa!

      Hapus
  68. Bro saya maba baru di std bali jurusan dkv, kemampuan gambar cukup baik tapi soal menggunakan aplikasi saya gak mahir apakah cocok untuk ngambil jurusan dkv ?

    BalasHapus
  69. kak saya sekolah di smkn 3 tasikmalaya.ambil jurusan DKV..mau nanya kalau entar kerja buat komik itu pakai kerjaan tangan langsung..atau dgn aplikasi yg udah disiapkn..mohon petunjuknya kak..salam dunia desain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo buat komik itu awalnya sih story board atau sketnya dibuat dengan tangan/manual dulu. Nanti kalo udah oke, baru diaplikasikan ke digital. Tp untuk komik2 strip yg sederhana biasanya lgsg dibuat digital. Iyaa salam desain Indonesia!

      Hapus
  70. semua anak dkv jago gambar ya? ato beberapa aj?
    kalo cmn nguasain photoshop buat kedepannya gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak semua jago kok, cmn masalah gambar harus bisalah. Soalnya mata kuliahnya hampir semua ada ngegambarnya. Jd bukan masalah jagonya, tapi niat sama harus betah ngegambar.

      Kalo cmn nguasain photoshop lumayan buat kedepannya untuk mata kuliah desain digital

      Hapus
  71. Saya pengen masuk jurusan DKV tapi gambaran gk bagus" amat, kadang asal"an tapi hobby gambar terus, kira2 pas di tes yg di nilai apanya? Kedepannya klo udh lulus kerjanya gimana? Jadi guru bisa gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung yaa, soalnya setiap orang punya karakter, gaya atau style gambarnya yg berbeda2, jadi sebaiknya hrus punya style gambar sendiri, karena kalo punya style gambar sendiri, gambar jd bagus karena susah buat dibanding2kan.

      Lulus kerjanya sebenarnya byk sih, bisa ke stasiun tv, studio fotografi, art director, konsultan desain. Jd guru/dosen jg bisa

      Hapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  73. Waah Kak Agung membantu sekali artikelnya. Salam seni! Aku masih kelas 1 SMA yang masih galau dengan masa depan wkwkwkw. Tapi baru kepikiran mau masuk DKV buat jadi illustrator karena seneng banget sama yang namanya seni. Kira-kira kalo di UMN bagus nggak DKV-nya kak? Terus aku sedikit takut sama tes masuk gambarnya. Ada saran nggak, Kak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa salam desain! Kalo masalah bagus atau gak kampusnya itu bisa dicek di http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php , caranya tinggal masukin di bagian Program Studi "Desain Komunikasi Visual". Disitu bisa dilihat akreditasi kampus jurusan DKVnya. Kalo yg bagus itu yg pasti A, kalo B msh lumayanlah

      Saran buat tes masuknya yg penting belajar sama latihan aja yg rajin, kalo bisa cari2 info/kisi2 tes masuknya lwt internet, temen atau kakak kelas

      Hapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  75. kalo masuk DKV harus banget bisa gambar ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gambar? Iyaa, kalo jago gambar bisa belakangan hahaha. Harus bisa gambar soalnya mata kuliahnya hampir semua isi gambar, jd kalo gak suka gambar nanti bisa gak betah

      Hapus
  76. Kak, dkv harus tau komputer banget ga? Nanti disana diajari lg kan kak? Soalnya saya kurang jago grafis komputer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus tau banget sih, cmn penting untuk tau teknologi. Soalnya skg zaman globalisasi, jd desain bakal terpengaruh sama teknologi jg, salah satunya komputer. Iyaa, nanti diajarin kok, disana jg nanti bisa belajar sama temen2 yg jago komputer

      Hapus
  77. Kak,kalo mau tes DKV itu cuma ngegambar aja atau ada tes lain?
    Dan lagi saya cuma dikit bisa desain digital,tp justru lbih bisa menggambar manual:v
    Tolong pencerahannya kakak mastah -/\-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di kampusku ada tes tulisnya, pelajaran Bhs Indo, Bhs Inggris, PPKN sama Pengetahuan Seni. Untuk tes gambarnya biasanya beda2 setiap univ

      Hahaha aku gak jago gambar manual sama gak pernah gambar digital, cmn bisa edit sama manipulasi foto aja. Jadinya harus belajar sama sering latihan aja. Semangat yaa!

      Hapus
  78. Ane SMK jurusan DKV di 46 Jakarta aja tugasnya udh banyak...
    apalagi nanti pas kuliah -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kalo udah biasa nugas banyak, kuliahnya nanti jg pasti udah terbiasa. Yg penting siap fisik dan mental aja bro

      Hapus
  79. mas kira" kalau ga bisa gambar di atas kertas tapi pengen bisa buat ngedesign di komputer gimana yah gan cocok ga kira" nih ??
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pengen ngedesain di komputer bisa nonton tutorial video di yourube, ada byk kok

      Hapus
  80. mas kira" kalau ga bisa gambar di atas kertas tapi pengen bisa buat ngedesign di komputer gimana yah gan cocok ga kira" nih ??
    thx

    BalasHapus
  81. Kak mau nanya dong, saya untuk gambar manual kurang jago tapi kalo masalah digital saya bisa cepat paham ya bisa dibilang ngerti, contoh main corel-photoshop-editingvideo-audio-recording lagu. apa cocok saya masuk DKV? soalnya saya dari SMK Seni kak, tepat nya di Seni Musik. Nah waktu PKL saya kan ambil Rekaman. Waktu itu kebagian tugas shoot-editingvideo-audio-rekaman. lah kata pembimbing PKL itu katanya kalo mau lanjut kuliah saya disuruh masuk ke DKV katanya cocok. Nah tapi sembari baca blognya kakak di atas yang harus bisa gambar dan lain lain saya jadi bimbang, jadi intinya apa cocok saya masuk DKV dengan teori waktu SMK tentang editing video audio recording dan software record lainya. Makasih kak atas responya. Salam dari Solo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, iya kalo mau masuk DKV minimal harus suka ngegambar, soalnya mata kuliahnya byk ngegambar. Kalo udah jago masalah digital itu bagus, nanti pas di semester atas jd lbh gampang. Cmn pas semester awal msh belajar basic, jd pasti ketemu sama yg namanya ngegambar.

      Jd kalo emg bener2 ingin masuk DKV, hrus mulai lbh sering belajar sama latihan. Semangat yaa, salam dari Bali!

      Hapus
  82. min suka dukanya DKV apa ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ane suka seni sama desain, seneng bisa memperluas ilmu ttg seni desain sama nambah temen yg jago2 desain. Kalo dukanya, jd suka begadang hahahah

      Hapus
  83. mau nanya, setelah lulus di DKV nanti kerjanya apa ya? trus di mana?
    maklum, saya baru kls 2 smk jurusan tkj dan dari desa. jadi gk tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kamu bisa kerja di stasiun tv, jadi animator, kerja di toko distro, percetakan, jadi fotografer dan masih banyak lagi sob

      Hapus
    2. Iyaa bener kata patrick itu, selain jg bisa jd art director di perusahaan, desain produk/logo perusahaan, konsultan desain, ilustrator dll

      Hapus
  84. Kak, aku kan ga jago2 amat gambar make pensil, lebih ke ngelukis ama di Photoshop, coreldan teman2nya. Kalau kej gini masih ada harapan gak sih masuk dkv?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih kok haha, di DKV waktu itu ada mata kuliah ngelukis, dan aku waktu itu gak pernah ngelukis, jadinya awal2 dpt nilai sekitar 60an. Tp lama2 karena sring coba2 sama latian, meningkatlah jd 75-80

      Intinya yg penting rajin belajar dan sering latian kalo mau masuk DKV

      Hapus
  85. Kak. Kalau gak ada bakat gambar manual, tapi bisa gambar pakek komputer (meski gak jago" amat) bisa masuk DKV gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, yg penting niatnya aja, kalo emg mau masuk DKV hrus rajin belajar desain/gambar sama sering latihan

      Hapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  87. Gan gua ada pertanyaan nih, gua sma nya di sma negeri biasa, tapi pengen masuk jurusan dkv, bisa gak ? Atau ada syarat khusus waktu sma nya ?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane jg sebelum masuk DKV SMAnya di SMA negeri jurusan IPA. Jd tergantung univnya aja, ada yg tes masuknya bebas bisa dr SMA/SMK jurusan apa aja dan ada yg tesnya cmn lwt SNMPTN dan SBMPTN. Kalo lwt jalur SNMPTN/SBMPTN biasanya ada persyaratannya

      Hapus
  88. Gan, ane suka bikin gambar sketsa desain motor, kira2 cocok nggak kalo masuk dkv?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok kok, kalo gak DKV bisa ke Desain Produk

      Hapus
  89. ada pertanyaan nih,apakah bisa diterima anak Tunarungu masuk DKV , gak ? aku masih kelas 1 SMA tapi harus punya rencana buat kuliah. tak ada jurusan IPA sama IPS wakt SMA karena ini Sekolah SLB walaupun sudah bisa menggambar . untung pernah mengikut lomba meluks hehee... tolong jawab, kak !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak salah, yg tidak bisa masuk DKV itu yg menderita penyakit buta warna separuh/penuh. Jd untuk tuna rungu kemungkinan bisa masuk DKV, tergantung dr kebijakan kampusnya bagaimana

      Hapus
  90. Kak klo sya kan msih kls 3 smp klo SMA ambil jurusan apa yah kenuju Animator ? Klo DKV itu d jakarta ad gk aku tggl d jakarta barat ? Kak klo misal gmbr ny msih suka ngapus gpp kan gk masalah bisa hapus gambar.atau gk mslah ny aku msih suka ngapus.gambar? Trus klo masuk SMA lbih cocok masuk jurusan apa.aja yah ? Aku juga bisa jadi gambar msih 2 d msih susah untuk 3d.nnti saat kuliah d latih kan ? kls 3 smp bru2d dan suka ngapus apakah wajar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo SMA sih gak ada jurusan untuk animator, kalo SMK ada belajar animasi di jurusan multimedia. Untuk SMA jurusannya tergantung di kampus mana mau nyari DKV, kyk ITB di SNMPTN cmn nerima SMA jurusan IPS, sedangkan ITS di SNMPTN cmn nerima SMA jurusan IPA, jdi rajin2 aja cari info biar gak salah pilih

      Ngapus pas gambar itu wajar kok hahahah, aku jg msh suka ngapus kalo gambar. Cmn nanti kalo sering belajar sama latihan pasti jd jarang ngapus sama bisa gambar yg 3d

      Hapus
  91. Maaf kak kalimat ny suka ada ( . ) terlalu cpt ngetik ny :v gk ad koma.jdi susah bca nya

    BalasHapus
  92. saya pingin masuk DKV tapi ga pinter bgt gambar . brrti ga bisa yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pengen masuk DKV tp gak bisa gambar, brarti harus mulai belajar sama latihan gambar dr skg, biar nanti pas kuliah gak kelabakan byk ngegambar hehe

      Hapus
  93. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  94. Gan ane pengen banget masuk dkv. Kalau masalah gambar manual siiii bisa dibilang lumayan ......tapi ane ada masalah di pemilihan warna ... Terkadang salah memilih warna alias buta warna .... Tapi tau lah sedikit- warna cuma gak keseluruhan,itu bisa. Gak gan masuk di dkv????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo masalah buta warna itu agak susah, soalnya rata2 persyaratan untuk daftar tes penerimaan harus menyertakan surat keterangan tidak buta warna. Tp walaupun buta warna separuh, kalo bisa lolos untuk dpt surat keterangan tdk buta warna, sepertinya bisa. Hanya saja, ane gak berani bilang 100% bisa yaa gan

      Hapus
  95. Mau nanya, biasanya kalo mau donlod paint tool sai, dll itu dimana? Atau harus beli CD gitu2? Dan ada lg nih gan, kalo boleh tau, biasakan buat gambar manual, butuh tool2 gambar yg bnyak, salah satunya copic, nah, copic itu emg barang wajib punya ya buat anak dkv? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aplikasi2 desain gtu biasanya donlot lwt torrent atau minta sama temen yg punya, kalo beli kasian duit :(

      Kalo di kampusku gak pernah pake copic, tp cat poster haha. Tp kebanyakan tool yg wajib itu pensil, drawing pen, kertas gambar A4 dan A3

      Hapus
  96. Ka,saya masih kelas 2 sma tp saya udh memutuskan untuk masuk jurusan DKV nantinya,saya merasa kalau saya punya kemampuan untuk menggambar,tapi kalau untuk menggambar realistis saya kurang bisa,kira2 bisa masuk gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus bisa gambar yg realistis sih, soalnya semua org punya gaya/style gambarnya masing2. Spt temen saya ada yg jago gambar realis, tp kalo gambar kartun gak bisa dan sebaliknya

      Hapus
  97. gan emank bener tah DKV gak ada itung2an kyk MTK gtu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa gak ada gan, tp kalo hitung2an cmn ngitung ukuran huruf di mata kuliah tipografi sama ngitung ukuran garis pinggir

      Hapus
  98. Malem mas Agung, kalo mau tanya2 dan sharing langsung sama mas Agung ada yang bisa saya hubungi langsung gak? Lewat fb, instagram, whatsapp atau media yang lainnya. Terima kasih.

    BalasHapus
  99. Mas numpang tanya nih saya kan emang masih SMP kelas 3 tapi hobi saya menggambar dan saya ingin jadi komikus apakah saya harus masuk dkv tolong..... pendapatnya ya mas◎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus sih, cmn kalo emg ingin memperdalam ilmu tentang seni dan desain yaa sebaiknya masuk DKV

      Hapus
  100. Numpang nanya y mas saya ingin jadi komikus sama hobi juga menggambar apakah pantas di dkv

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung yaa, kuliah itu tmpt memperdalam ilmu yg kita inginkan. Jd kalo mau memperdalam ttg seni dan desain, silahkan masuk DKV. Tp kalo gambar cmn ingin dijadikan hobi, kuliahnya gak harus DKV, bisa yg lain

      Hapus
  101. Kak klo dari SMAnya jurusan ipa bisa gak masuk ke jurusan dkv di itb??

    BalasHapus
  102. DKV mah the best :D
    SMK ambil DKV insyallah kuliah ambil DKV lagi :D

    BalasHapus
  103. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  104. Gue lulus di DKV tel-u. Dari dulu cita2 gue pengen kerja di tv, atau ya...bikin iklan. Tapi keluarga gue masih sangsi soal prospek kerja kedepannya. Gimana dong, gan?

    BalasHapus
  105. Kak, aku kemarin ketrima di jurusan dkv, emang aku suka gambar dan fotografi tapi juga nggak bagus bagus amat. Terus aku juga nggak begitu bisa pada aplikasi digitalnya. Itu nanti berefek pada nilainya juga nggak? Terimakasih

    BalasHapus
  106. Kak, aku kemarin ketrima di jurusan dkv, emang aku suka gambar dan fotografi tapi juga nggak bagus bagus amat. Terus aku juga nggak begitu bisa pada aplikasi digitalnya. Itu nanti berefek pada nilainya juga nggak? Terimakasih

    BalasHapus
  107. Kalo DKV ITB mesti nyertain portofolio nggak ya buat persyaratan? Gue gak jago gambar hiks, anak IPA lagi, masa iya ITB accept IPS doank? Yang ITB yang ITB, sharing dong!

    BalasHapus
  108. Kl gak bisa gambar bagus kira" keterima gak ya di dkv,soalnya gambar gua jelek bgt, minta sarannya dong

    BalasHapus
  109. Kl gak bisa gambar bagus kira" keterima gak ya di dkv,soalnya gambar gua jelek bgt, minta sarannya dong

    BalasHapus
  110. Wiiihhhh 😸😸😸

    BalasHapus
  111. Wiiihhhh 😸😸😸

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences