21 Game Playstation 1 Favorit dan Terbaik (Versi Pribadi)


Playstation atau dikenal dengan sebutan PS merupakan game console yang udah pasti diketahui banyak kalangan. PS merupakan console yang banyak dimainkan oleh para gamer dari sejak tahun 1994 hingga saat ini. Permainan yang ada di PS pun juga sangat banyak, dari versi yang lama hingga yang terbaru. Nah kali ini, saya akan sharing sekaligus bernostalgia dengan game-game Playstayion 1 (PS1) yang paling seru dan memorable dimainkan pada zamannya:  


1. Harvest Moon: Back To Nature


Siapa yang gak tahu game satu ini. Game simulator satu ini merupakan salah satu game yang banyak diburu saat itu sampai sering kehabisan di toko PS. Jadi kalau bisa mendapatkannya, uda berasa dapat harta karun. Emang gamenya seseru apa sih? Jadi pada 2000an, game dengan pengalaman free roam itu masih sangat jarang. Makanya game Harvest Moon ini jadi banyak dicari. Padahal permaiannya sangat sederhana, kita bisa berternak dan bercocok tanam layaknya petani/peternak beneran. Selain itu, kita juga bisa berkeliling kota dan bertemu warga-warga di game tersebut, serta ikutan acara festival. Pokoknya ada banyak hal yang bisa dimainkan di game ini!    


2. Bomberman World


Bomberman merupakan game multiplayer yang bisa dimainkan hingga 4 player di PS1 menjadi game action yang seru dimainkan. Jadi Bomberman ini merupakan game versus yang mengeleminasi musuhnya menggunakan ledakan bom. Konsep gamenya hampir sama dengan Explode Arena yang ada di HP Nokia (OS Symbian). Pokoknya nostalgia banget main game ini!


3. Digimon Rumble Arena


Game ini menjadi sangat ramai dimainkan oleh kalangan anak-anak tahun 90an, karena pada waktu itu film Digimon yang ada di TV sangat digemari. Jadi game Digimon Rumble Arena ini merupakan game pertarungan antar Digimon serta dengan evolusinya, yang dijamin seru dan wajib dimainkan.


4. Bishi Bashi Special

Siapa yang gak tahu game satu ini? Game yang terkenal karena bisa membuat Stik PS1 cepat rusak. Bagaimana tidak, permainan game Bishi Bashi ini mengharuskan player untuk menekan tombol atau menggerakan analog secara cepat. Variasi permainan yang ada di game ini juga sangat banyak. Dijamin gak bakal bosan dimainkan sama teman. Sayangnya game ini hanya bisa dimainkan oleh 2 player aja, tapi keseruannya gak kalah saing. Selain di PS1, game ini juga pernah ada di area bermain Timezone dan Ramayana.


5. Spider-Man


Game Spider-Man yang pertama kali saya mainkan, hingga saya jadi menyukai Spider-Man hingga saat ini. Game single player petualangan Spider-Man ini mempertemukan kita dengan musuh-musuh Spider-Man yang fenomenal seperti Scorpion, Rhino, Venom, Mysterio, Doctor Octopus dan Carnage. Adapun seri kelanjutannya yaitu Spider-Man 2, tapi game Spider-Man pertama yang satu ini yang paling memberikan kesenangan dan kenangan nostalgia.


6. Crash Team Racing (CTR)

Sebelumnya adalah game petualangan Crash Bandicoot, tapi yang satu ini adalah game balapannya. Gak kalah seru juga dengan game petualangannya. Balapannya asyik karena arena yang beranekaragam dan fitur balapan yang menegangkan. Selain itu game CTR ini bisa dimainkan multiplayer hingga 4 orang lho.


7. Bloody Roar 2

Hampir sama dengan Tekken, tapi yang membedakan adalah konsep jurus yang ada di game ini. Jadi di game ini, masing-masing karakter bisa berubah menjadi binatang yang berbeda-beda. Sehingga membuat game versus ini menjadi lebih intens dan seru.


8. Tekken 3

Game berkelahi yang masih terkenal hingga saat ini. Siapa yang gak tahu Tekken? Semuanya pasti tahu. Tapi game Tekken yang paling terkenal di PS1 saat itu adalah Tekken 3. Karena menurut saya, grafik dan mekanik gamenya udah cukup bagus pada waktu itu. Selain ada di PS1, game Tekken 3 juga pernah ada di area bermain Timezone.


9. Crash Bash

Lanjut lagi, masih dilanjutkan oleh game Crash Bandicoot. Sebelumnya adalah game petualangan dan balapan, kali ini adalah game party battle royale. Nah jadi game ini menyediakan tantangan bermain yang berbeda tiap arenanya dan game ini bisa dimainkan hingga 4 player. Asyik dan seru pokoknya kalau dimainkan ramai-ramai bersama teman-teman.


10. Crash Bandicoot

Crash Bandicoot merupakan game petualangan yang unik dan seru, dimana kita menggunakan karakter binatang bandikut, serta ditemani dengan topeng terbangnya Aku-aku. Game ini identik dengan gameplay yang berbeda dari kebanyakan game waktu itu. Selain memainkan seri pertama ini, saya juga sempat memainkan Crash Bandicoot 3: Warped yang gak kalah seru juga.


11. Gundam: Battle Assault 2

Buat teman-teman yang gemar nonton serial Gundam, pasti tahu dong dengan game ini. Gundam: Battle Assault 2 ini merupakan game versus gundam yang mengambil karakter dari serial Gundam tahun 80-90an. Mungkin udah berbeda dengan karakter game gundam sekarang. Tapi karakter di gundam ini merupakan gundam yang ikonik di serialnya.


12. Hyakujuu Sentai GaoRanger

GaoRanger atau Power Ranger Wild Force merupakan game yang ada di PS1. Game ini merupakan game Power Ranger terbaik menurut saya pribadi. Walaupun menggunakan Bahasa Jepang, tapi pengalaman bermain game ini sangatlah seru. Mulai dari bertarung sebagai Power Ranger dan setelah bergabung menjadi Megazord


13. Gear Fighter Dendoh

Sebenarnya game bisa dibilang gak terlalu terkenal. Tapi waktu itu saya berkesempatan memainkan game ini dan ternyata game ini seperti hidden gem atau berlian tersembunyi. Gameplay kita menggunakan karakter robot (seperti gundam) dengan berbagai senjata unik. Selain itu ada unsur bertarung yang seperti Hyakujuu Sentai GaoRanger di atas. Pokoknya seru deh mainnya!


14. Kamen Rider Ryuki

Generasi muda mana sih yang gak tahu Kamen Rider? Saya yakin semuanya pasti tahu. Terutama Kamen Rider Ryuki ini. Ada beberapa game Kamen Rider di PS1, tapi yang saya masukan ke list adalah Kamen Rider Ryuki. Alasannya karena game ini merupakan game yang memiliki paling banyak karakter Kamen Rider yang ada di PS1. Henshin!


15.  Ultraman Fighting Evolution

Penggemar Ultraman dijamin gak ngelewatin game satu ini (termasuk saya). Berawal dari game ini kita mengenal Trio Legend Ultraman (Ultraman, Ultraseven, Taro) dan selanjutnya karakter ultraman semakin bertaman pada seri Ultraman Fighting Evolution lebih barunya. 


16. Beyblade: Let It Rip!

Saat anime Beyblade pertama kali muncul di TV, banyak orang-orang yang jadi gemar bermain beyblade (gasing) pada waktu itu. Gamenya pun juga ada dirilis PS1. Mengingat jaman itu, terasa jadi penuh nostalgia bersama beyblade.


17. Megaman X4 , X5, X6

Salah satu game pertama yang saya mainkan di PS1. Seri Megaman X ini merupakan game arcade adventure dimana kita menjadi Replica Android (Reploid) yang melawan musuh robot-robot jahat (Maverick). Setiap arena memiliki tantangan dan Bossnya masing-masing. Saking terkenalnya, seri Megaman X di PS1 dibuat dari Mega Man X4 sampai X6.


18. Dragon Ball GT: Final Bout


Selanjutnya ada game Dragon Ball dengan mekanik bertarung hanya PVP. Karakter yang bisa dipilih di game ini juga karakter-karakter yang iconic dari film Dragon Ball. Mulai dari tokoh-tokoh super saiyannya hingga musuhnya. Jurus-jurus yang dimiliki setiap karakter juga unik dan membuat pertarungan menjadi menegangkan.


19. Dragon Ball Z: Legends

Dragon Ball Z: Legends masuk ke list ini karena gameplay-nya yang barbar. Kalau main game ini, saya ingat semua tombol di stik saya pencet semua. Pada waktu itu, mekanik bertarung dari game ini seru banget pokoknya. Bertarungnya serasa heboh dan brutal.


20. Klonoa Beach Volleyball

Sebelumnya kita banyak membahas game action dan arcade. Kali ini kita pindah game olah raga. Saya pribadi sebenarnya bukan penggemar game olah raga, tapi game Klonoa yang berkonsep olah raga voli ternyata seru juga dan bisa dimainkan hingga 4 player.


21. Super Shot Soccer

Yang terakhir juga game olahraga, yaitu sepak bola. Saya sebenarnya kurang suka game sepak bola, tapi pengecualian untuk game ini. Jadi Super Shot Soccer ini merupakan game sepak bola yang pemainnya memiliki jurus super! Memang beda dari game sepak bola yang lain, saya aja betah mainnya. Sayangnya game ini belum ada dikembangkan lagi di console terbaru.


Jadi itu adalah game-game favorit saya di PS1. Mungkin ada game favorit teman-teman yang gak masuk di list ini. Nah, bagaimana dengan kalian? Apa game favorit PS1 kalian?

Lihat juga Game PS2 Favorit dan Terbaik disini.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Update cookies preferences